Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Analisis Diskriptif di MTs Darul Hasanah Genuk Semarang)
Choiri, Abdullah (2013) Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Ekstrakurikuler Pramuka (Studi Analisis Diskriptif di MTs Darul Hasanah Genuk Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
083111129_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (955kB) | Preview
083111129_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (43kB) | Preview
083111129_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (207kB) | Preview
083111129_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (30kB) | Preview
083111129_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
083111129_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (26kB) | Preview
083111129_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai nilai-nilai pendidikan Islam dalam extakurikuler pramuka di MTs. Darul Hasanah genuk semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Nilai-nilai pendidikan Islam; (2) Nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam extrakurikuler pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang; (3) Perwujutan nilai-nilai pendidikan Islam dalam konsep pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang.
Metode pengumpulan data dalam skripsi ini (1) Observasi Partisipatif, sebagai pengamatan dan pencatatan dengan sistematis atas fenomena-fenomena yang diteliti. Namun dalam hal ini peneliti hanya menggunakan alat bantu buku catatan dan kamera, yang nantinya digunakan untuk mencari dan mencatat hal-hal yang berkaitan dengan nilai-nilai pendidikan Islam dalam ekstrakurikuler pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang. Metode ini digunakan untuk melihat secara langsung bagaimana ekstrakurikuler pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang. (2) Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi secara langsung dengan mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan pada para responden. Metode wawancara ini digunakan untuk menggali data yang berkaitan dengan kegiatan pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang. Sedangkan objek yang diwawancarai adalah kepala Gugusdepan, dan pembina pramuka. (3) Dokumentasi Metode dokumentasi digunakan untuk mencari data mengenai hal-hal yang berupa catatan, transkip, buku, surat kabar, majalah, prasasti, notulen rapat, legger, agenda, profil kegiatan pramuka, buku-buku kegiatan pramuka. Metode dokumentasi ini digunakan untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan topik kajian yang berasal dari dokumen-dokumen MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang, foto kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan ekstrakurikuler pramuka di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang.
Setelah melakukan penelitian, maka peneliti memberikan batasan nilai-nilai pendidikan Islam sebagai berikut: Nilai ketaatan, Nilai ketakwaan, Nilai moral, Nilai kemandirian, Nilai toleransi, Nilai tolong menolong, Nilai tanggung jawab, Nilai kedisiplinan
Pramuka sebagai extrakurikuler yang wajib di ikuti oleh siswa di MTs. Darul Hasanah Genuk Semarang memiliki berbagai macam kegiatan yang pada prinsipnya berorientasi pada nilai Pendidikan Islam diantranya:
Nilai ketaatan tertuang dalam Trisatya (Demi kehormatanku, aku berjanji akan bersungguh-sungguh menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Negara Keasatuan Republik Indonesia,...), tertuang dalam kegiatan Sholat asar berjama’ah, pengucapan trisatya dalam upacara. Nilai ketakwaan tertuang dalam Dasadarma darma yang pertama (takwa kedapa Tuhan Yang Maha Esa ), tertuang dalam kegiatan sholat asar dan pembacaan asma’ul husna. Nilai moral tertuang dalam Dasadarma darma yang kesepuluh (suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan) mengucapkan Dasadarma dan Trisatya, permainan menyampaikan pesan berantai. Nilai kemandirian tertulis dalam Dasadarma darma keenam (rajin, terampil dan gembira), tertuang dalam kegiatan perkemahan dan menghafalkan Dasadarma dan Trisatya secara mendiri. Nilai toleransi tertulis dalam Dasadarma darma keempat (patuh dan suka bermusyawarah) tertuang dalam kegiatan musyawarah sebelum mengerjakan tugas kelompok. Nilai tolong menolong tertulis dalam Dasadarma darma kelima (rela menolong dan tabah), tertuang dalam kegiatan pelatiah pembuatan drakbar, tepuk-tepuk dan nyanyian. Nilai tanggung jawab tertulis dalam Dasadarma darma kesembilan (bertanggung jawab dan dapat dipercaya), tertuang dalm kegiatan tanggung jawab atas penyelesai pembuatan drakbar dan sandi kotak, serta tanggung jawab yang diberikan pembina terhadap dewan untuk menyiapkan upacara. Nilai kedisiplinan tertuang dalam Dasadarma darma kedelapan (disiplin, berani, dan setia), tertuang dalam kegiatan baris-berbaris dan sholat pada waktunya.
Berdasarkan penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para penimba ilmu pada umumnya, serta mahasiswa dan praktisi pendidikan yang berada di lingkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang pada khususnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Islam; Pramuka |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 360 Social services; association > 369 Miscellaneous kinds of associations |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 08 Dec 2013 14:34 |
Last Modified: | 08 Dec 2013 14:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/661 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year