Studi korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlaq dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun ajaran 2016/2017
Ayuningtyas, Intan (2017) Studi korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran Aqidah Akhlaq dengan kedisiplinan siswa kelas VIII di MTs Negeri Ketanggungan Brebes tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (414kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (335kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (311kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (732kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (138kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (4MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan: pertama, hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhlaq di MTs Negeri Ketanggungan Brebes. Kedua, Bagaimana kedisiplinan siswa MTs Negeri Ketanggungan Brebes. Ketiga, Adakah Korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhlaq dengan kedisiplinan siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Brebes yang berjumlah 335 siswa. Dengan melihat populasi kelas VIII, sehingga pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, yakni dengan mengambil 20% dari populasi yaitu 67 responden yang diambil secara acak.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober s/d 16 November 2016, untuk pengambilan data dengan mempergunakan angket yang telah di kerjakan untuk uji validitas dan reliabilitasnya. Dan teknik analisis data yang digunakan untuk mencari korelasi antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhlaq dengan Kedisiplinan siswa kelas VIII MTs Negeri Ketanggungan Brebes dengan menggunakan rumus product moment.
Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diketahui terdapat hubungan positif dan signifikan antara hasil belajar ranah kognitif pada pembelajaran aqidah akhlaq dengan kedisiplinan siswa. Hal ini dibuktikan denganrxy>rtabelyaitu harga rxy = 0,3367lebih besar dari harga rtabel= 0,235pada taraf signifikasi 5% dan rtabel= 0,306 pada taraf signifikasi 1%, dengan N = 67. Setelah diperoleh thitung= 2,882 kemudian dikonsultasikan pada t tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = n - 2 = 65, maka diperoleh t table =2,000. Dikarenakan thitung = 2,882 >ttabel = 2,000.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Ruswan, MA.; Drs. H. Muslam, M. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan siswa; Hasil belajar; Kognitif; Aqidah akhlaq |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.5 Disiplin siswa; pengharagaan siswa |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Mar 2017 05:51 |
Last Modified: | 27 Mar 2017 05:51 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6618 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year