Konsep kepribadian guru menurut KH. Hasyim Asy’ari (telaah kitab Adāb al ‘Ᾱlim wa al Muta’allim)
Abidin, Nur Wahid Zaenal (2016) Konsep kepribadian guru menurut KH. Hasyim Asy’ari (telaah kitab Adāb al ‘Ᾱlim wa al Muta’allim). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (750kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (383kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (405kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (539kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (610kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (204kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (234kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas kepribadian guru menurut KH Hasyim Asy’ari dalam kitab adāb al ‘Ālim wa al muta’allim. Kajian ini dilatar belakangi oleh pentingnya peran kepribadian guru sebagai pendidik, yang mana guru atau pendidik saat ini banyak melakukan tindakan yang tidak mencerminkan dirinya sebagai guru. Hal ini menjadi penting, sebab pendidik merupakan figur yang menjadi panutan bagi para siswa dan masyarakat. Kajian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalah yang sering terjadi pada sosok guru dalam bertindak. Dengan mencoba menghadirkan kepribadian guru perspektif tokoh pendidikan Islam KH Hasyim Asyari dalam kitab adāb al ‘Ālim wa al muta’allim.
Penelitian ini merupakan penelitian berupa library research (kajian pustaka) dengan mengunakan metode analisis deskriptif, dimana data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara non statistic. Dengan data primer sebagai sumber data utama dan data sekunder sebagai data pendukung. Adapun metode analisis datanya mengunakan metode analisis deskriptif, yakni analisis untuk mengungkapkan gagasan pemikiran yang diteliti serta interpretasi data sebagai pendukung dalam menyampaikan pendapat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian guru yang dirumuskan oleh Hasyim Asyari dalam adāb al ‘Ālim wa al muta’allim menunjukkan bahwa : guru harus memiliki kepribadian spiritual, berorientasi dan termotivasi pada akhirat, menjaga kehormatan diri, berpegang teguh pada sunnah, memerangi bid’ah dan istiqamah dalam beribadah, berakhlak mulia, mengembangkan keilmuan.
Kepribadian guru yang dirumuskan KH Hasyim Asy’ari masih sangat relevan untuk di implementasikan oleh pendidik pada saat sekarang ini. Bahkan lebih mampu untuk mengkontrol perilaku guru agar tidak melakukan tindakan amoral atau menyimpang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Drs. H. Nasirudin, M. Ag.; Drs. H. Muslam, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian; Guru; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 08:05 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 08:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6631 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year