Peran kepribadian guru dalam membentuk kepribadian peserta didik (studi komparasi pemikiran Al-Ghazali dan Jean Piaget)
Sofyan, Nurul Hikmah (2017) Peran kepribadian guru dalam membentuk kepribadian peserta didik (studi komparasi pemikiran Al-Ghazali dan Jean Piaget). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (840kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (468kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (116kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (173kB) | Preview
RIWAYAT HIDUP.pdf - Supplemental Material
Download (78kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini mengkaji secara komparatif kepribadian guru dalam membentuk kepribadian peserta didik perspektif al-Ghazali dan Jean Piaget. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan kepribadian berdasarkan beberapa riset yakni dependensi subjek didikan terhadap orang tua di usia remaja dan kepemilikan pengetahuan agama para siswa MTs namun minim pengamalan keberagamaan. Studi ini dilakukan untuk menjawab dua rumusan masalah: Bagaimana peran kepribadian guru relevansinya dengan pembentukan kepribadian peserta didik perspektif al-Ghazali dan Jean Piaget dan bagaimana studi komparasinya?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan sumber-sumber kepustakaan sebagai data. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode verstehen (pemahaman) dan metode hermeneutika. Alasan yang mendasar digunakannya kedua metode tersebut di atas ialah terutama karena tidak adanya gagasan langsung mengenai guru dalam pemikiran Jean Piaget. Telaah ini menunjukkan bahwa: (1) Al-Ghazali dan Jean Piaget sama-sama mengakui bahwa manusia terdiri dari unsur jasad dan rasio, bedanya Jean Piaget tidak mengakui unsur-unsur manusia sudut pandang psikosufistik al-Ghazali seperti rûh, qalb, dan nafs, sehingga secara otomatis Jean Piaget mengabaikan kebutuhan unsur-unsur tersebut, (2) Al-Ghazali memandang guru berperan sebagai pembimbing spiritual dan role model, (3) sedangkan kepribadian guru atas konsep perkembangan moral Jean Piaget ialah seberapa besar peran guru untuk menyediakan area belajar baru agar peserta didik dapat berpikir dan bersikap secara otonomi atas tuntutan-tuntutan lingkungannya. Adapun manfaat penelitian ini ialah untuk mengembangkan teori pembentukan kepribadian peserta didik perspektif Islam yang diintegrasikan dengan psikologi modern supaya didapat pengembangan yang komprehensif terutama secara epistemologis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Hj. Lift Anis Ma’sumah, M. Ag.; Ubaidillah Achmad, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Kepribadian guru; Kepribadian siswa; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 29 Mar 2017 08:26 |
Last Modified: | 29 Mar 2017 08:26 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6634 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year