Pengaruh Pengetahuan Berbahasa Indonesia dan Pemahaman Konsep terhadap Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Pokok Menaksir Harga Kumpulan Barang Peserta Didik Kelas IV MI I’anatusshibyan, Mangkang Kulon Semarang
Saadah, Alaik (2012) Pengaruh Pengetahuan Berbahasa Indonesia dan Pemahaman Konsep terhadap Pemecahan Masalah Soal Cerita Materi Pokok Menaksir Harga Kumpulan Barang Peserta Didik Kelas IV MI I’anatusshibyan, Mangkang Kulon Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
73911005_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (321kB) | Preview
73911005_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (51kB) | Preview
73911005_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (153kB) | Preview
73911005_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (65kB) | Preview
73911005_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (150kB) | Preview
73911005_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (27kB) | Preview
73911005_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (15kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui bagaimana pengaruh pengetahuan berbahasa Indonesia dan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita materi pokok menaksir harga kumpulan barang peserta didik kelas IV MI I’anatusshibyan Mangkang kulon Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan teknik analisis regresi. Sampel penelitian diambil dari peserta didik sejumlah 43 peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Penelitian ini terdapat tiga variabel, yaitu pengetahuan berbahasa Indonesia (X1), pemahaman konsep (X2) sebagai variabel bebas atau independent, dan kemampuan pemecahan masalah soal cerita (Y) sebagai variabel terikat atau dependent. Teknik pengumpulan data untuk variabel (X) dan (Y) menggunakan soal tes uraian.
Dari uji anova didapatkan hasil untuk (X1) persepsi siswa tentang kedisiplinan guru ada taraf signifikan 5% dieroleh bahwa Freg = 41,00 >Ftabel = 4,08 dan ada taraf 1% Freg = 41,00 > Ftabel = 7,31, disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya pengetahuan berbahasa Indonesia (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita.Dari uji anova didapatkan hasil untuk (X2) pemahaman konsep pada taraf signifikan 5% dieroleh Freg = 45,99 >Ftabel = 4,08 dan ada taraf 1% dieroleh Freg = 45,99 > Ftabel = 7,31, maka ini dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya pemahaman konsep (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita. Kemudian untuk uji regresi ganda pada taraf signifikansi 5% Freg= 3,924 > Ftabel = 3,23 Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengetahuan berbahasa Indonesia dan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita materi pokok menaksir harga kumpulan barang peserta didik, melalui persamaan regresi Ŷ= -82,860+ 2,777X1-0,865X2. Hasil akhir dari penelitian ini adalah penolakan Ho pada hipotesis penelitian sehingga Ha diterima yaitu, terdapat pengetahuan berbahasa Indonesia dan pemahaman konsep terhadap kemampuan pemecahan masalah soal cerita materi pokok menaksir harga kumpulan barang peserta didik kelas IV MI I’anatusshibyan Mangkang kulon Semarang.
Pemecahan masalah soal cerita pada mata pelajaran matematika diharapkan menjadi alternatif pembelajaran yang bisa dikembangkan pada materi lain untuk meningkatkan kemampuan atau hasil belajar peserta didik sehingga pembelajaran lebih optimal serta perlu adanya penelitian lebih lanjut supaya hasil penelitian lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia; Pemecahan Masalah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education 400 Language > 490 Other languages > 499 Miscellaneous languages > 499.221 Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 05:59 |
Last Modified: | 24 Mar 2014 08:22 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/664 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year