Peningkatan hasil belajar baca Al-Qur’an bagi siswa SD Islam Hidayatullah melalui pemberian reward dan punishment tahun ajaran 2015/2016
Turchamun, Moch. (2016) Peningkatan hasil belajar baca Al-Qur’an bagi siswa SD Islam Hidayatullah melalui pemberian reward dan punishment tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (902kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (306kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (405kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (348kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (215kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (77kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (458kB) | Preview
Abstract
Salah satu aspek pendidikan yang kurang mendapatkan perhatian pada saat ini adalah pendidikan agama khususnya pendidikan membaca Al Qur’an.Namun kenyataannya dari siswa belum ada keseriusan dalam belajar membaca Al Qur’an dan dari guru juga belum ada pertanggungjawaban dalam menuntaskan siswa-siswanya dalam mempelajari bacaan Al Qur’an. Pendidikan Baca Al Qur’an masih dianggap pendidikan yang kurang penting karena tidak mempunyai pengaruh apapun dalam prestasi akademik siswa, Berdasarkan kenyataan ini perlu adanya suatu motivasi agar antara siswa dan guru mempunyai keseriusan yang sama dalam belajar dan mengajarkan pendidikan baca Al Qur’an. Menurut Wayne F. Cascio: motivation is a force that results from an individuals desire to satisfy their needs (motivasi adalah suatu kekuatan yang dihasilkan dari keinginan seseorang untuk memuaskan kebutuhannya). Berkenaan dengan hal itu, SD Islam Hidayatullah Semarang sebagai salah satu sekolah Islam yang memprioritaskan pendidikan Al Qur’an yang menjadi obyek penelitian kami, menganggap pemberian motivasi yang tepat untuk saat ini adalah dengan memberi reward dan punishment terhadap hasil pembelajaran ini.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik random sampling yakni menggunakan di SD Islam Hidayatullah Semarang. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan mengenai reward dan punishment, peneliti menggunakan angket dengan skala Likert, sedangkan untuk memperoleh data hasil belajar Baca Al Qur'an peneliti menggunakan hasil belajar / nilai.
Berdasarkan penghitungan, diperoleh rata rata hasil belajar Baca Al-Qur’an di SD Islam Hidayatullah adalah 3,21 dan ini menunjukkan bahwa hasil belajarsiswa Baca Al Qur’an siswa adalah sangat baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Sofa Muthohar, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Membaca Al-Qur'an; Reward and punishment; Metode pembelajaran |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 02:28 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 02:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6649 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year