Evaluasi pelaksanaan program membaca kitab di MAN 3 Cirebon (ditinjau dari context, input, process, dan product)
Sofiyah, Zulaehatus (2016) Evaluasi pelaksanaan program membaca kitab di MAN 3 Cirebon (ditinjau dari context, input, process, dan product). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (582kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (168kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (442kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (352kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (122kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (72kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas evaluasi pelaksanaan program membaca kitab di MAN 3 Cirebon (ditinjau dari context, input, process, dan product). Kajiannya dilatarbelakangi oleh pentingnya evaluasi pada suatu program untuk menghasilkan informasi yang baik, cepat dan tepat dalam menindak lanjuti/memperbaiki program.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini kuantitatif deskriptif, dengan menggunakan pendekatan model evaluasi CIPP (context, input, process, dan product). Kepala MAN 3 Cirebon, waka kesiswaan, Pembina program, peserta didik, dan orangtua/wali peserta didik dijadikan sumber data untuk mendapatkan hasil evaluasi program membaca kitab. Data diperoleh dengan cara pengambilan angket(kuesioner). Hasil penelitian menunjukan bahwa evaluasi program membaca kitab ditinjau dari CIPP dikatakan sangat baik dengan nilai rata-rata 3,767 dan rincian semua komponen sebagai berikut: (1)komponen konteks/context memiliki hasil rata-rata 3,58 dikategorikan sangat baik. (2) komponen input memiliki rata-rata 3,6 dikategorikan sangat baik. (3) komponen proses/process dikategorikan sangat baik dengan hasil rata-rata 3,88. (4) komponen produk/Product memiliki hasil rata-rata 4,0 yang dikategorikan sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian, direkomendasikan program membaca kitab dapat dilanjutkan pelaksanaannya dengan perbaikan pada beberapa komponen sebagai berikut; komponen konteks yakni; pada point visi, pemenuhan kebutuhan, kesesuaian peraturan program dengan peraturan madrasah. Perbaikan yang diperlukan pada beberapa indikator dari komponen input yakni; pada indikator perumusan peraturan dan prosedur program membaca kitab.Perbaikan pada komponen proses antara lain; penyediaan media pembelajaran, perbaikan teknik pembelajaran, perumusan peraturan dan prosedur program. Sedangkan perbaikan pada komponen proses, yakni; sarana program, penggunaan metode dan teknik program.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Fahrurrozi, M. Ag.; Wahyudi, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Membaca kitab; Evaluasi program pendidikan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 19 Apr 2017 00:54 |
Last Modified: | 19 Apr 2017 00:54 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6707 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year