Penanaman Nilai-nilai Toleransi Beragama (Studi pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 23 Semarang)

Wafiyah, LinaRiqotul (2012) Penanaman Nilai-nilai Toleransi Beragama (Studi pada Pembelajaran PAI di SMP Negeri 23 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111079_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111079_Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (450kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111079_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111079_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111079_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111079_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111079_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 083111079_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111079_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri23 Semarang serta faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri23 Semarang tahun 2011/2012.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Jadi penelitian ini analisis datanya dalam bentuk laporan uraian deskriptif dengan pola pikir induktif. Cara berpikir induktif adalah cara menarik kesimpulan yang berangkat dari fakta-fakta dan peristiwa yang bersifat khusus kemudian disimpulkan dengan sifat umum.
Penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri23 Semarang dilakukan dengan 1) Memberi kesempatan kepada semua peserta didik untuk mengikuti pembelajaran agama sesuai pemahaman agamanya masing-masing.2) Menciptakan iklim toleran pada setiap pembelajaran (belajar dalam perbedaan, membangun rasa saling percaya, memelihara sikap saling pengertian, menjunjung tinggi sikap saling mengasihi). 3) Memperdalam materi terkait (Toleransi). Model pengajaran dalam proses penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran PAI menggunakan model pengajaran aktif dan model pengajaran komunikatif dengan sumber belajar: buku penunjang, kurikulum, media cetak, lingkungan dan pengalaman siswa secara langsung. Ada beberapa keterampilan hidup bersama yang sedang dilatih dalam proses pembelajaran seperti ini. Dalam mengimplementasikan nilai-nilai keberagamaan tersebut terhadap siswa di sekolah guru harus memiliki paradigma pemahaman keberagamaan yang moderat. Beberapa faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai-nilai toleransi beragama pada pembelajaran PAI di SMP Negeri23 Semarang, faktor pendukung diantaranya: kebijakan pemerintah yang memberikan aturan tentang adanya penanaman nilai-nilai toleransi beragama, fasilitas yang memadai untuk belajar sesuai agama dan kepercayaan masing-masing, terwujudnya kerjasama antar warga sekolah dalam kegiatan keagamaan. Adapun faktor penghambatnya antara lain: tingkat kemampuan, kematangan emosional siswa yang tidak sama, kurangnya tenaga pendidik agama Hindu, Kurangnya fasilitas (media pembelajaran) yang dapat digunakan untuk menunjang penanaman nilai-nilai toleransi, keterbatasan waktu dalam pembelajaran.
Harapan peneliti semoga tulisan ini dapat menjadi informasi, bahan pemikiran, pengetahuan, serta sumbangsih bagi parapraktisi pendidikan, pemikir pendidikan, tenaga pengajar dan mahasiswa pada umumnya untuk terciptanya sebuah proses pembelajaran yang mampu menumbuhkan kesadaran dikalangan anak didik untuk hidup damai, penuh toleransi, dan tanpa konflik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Toleransi Agama; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues
200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur yadi
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:18
Last Modified: 09 Dec 2013 06:18
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/684

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics