Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok segi empat kelas VII di SMP Muhammadiyah Pucang Gading tahun pelajaran 2015/2016

Ummah, Maslikhatul (2016) Penerapan model pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi pokok segi empat kelas VII di SMP Muhammadiyah Pucang Gading tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (578kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (418kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (883kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah yang melatarbelakangi judul penelitian ini diantaranya guru masih menggunakan ceramah, kurangnya rasa tanggung jawab peserta didik dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, peserta didik kebingungan dalam menerapkan rumus luas dan keliling segi empat. Permasalahan tersebut dapat berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih dibawah kkm dengan dilihat dari rata-rata 71,59 jauh dari KKM sebesar 75 dan ketuntasan klasikal 36,36%
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran ARIAS pada materi Segiempat kelas VII semester genap SMP Muhammadiyah Pucang Gading tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: apakah model pembelajaran ARIAS(Assurance, relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII pada materi Segiempat di SMP Muhammadiyah Pucang Gading tahun pelajaran 2015/2016. Keberhasilan pada penelitian ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar di atas KKM yakni 78,83 dengan ketuntasan klasikal 83,33% dan peningkatan prosentase keaktifan belajar matematika peserta didik pada setiap siklusnya.
Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah Pucang Gading dengan jumlah 12 peserta didik. Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif serta menghitung rata-rata nilai, prosentase keaktifan belajar dan ketuntasan belajar klasikal peserta didik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 3,58poin. Rata-rata kelas untuk hasil belajar peserta didik telah mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Ketuntasan belajar klasikal peserta didik meningkat sebesar 15%. Pada motivasi belajar peserta didik, terdapat peningkatan prosentase sebesar 39,22%.
Pembelajaran dengan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik. Namun tidak serta merta dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar, karena hal ini dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti pengelolaan kelas, kemampuan peserta didik, konsentrasi peserta didik, ketelitian, dan sebagainya. Sehingga disarankan kepada guru agar melakukan pembelajaran inovatif, bervariasi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Saminanto, S. Pd., M. Sc.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; ARIAS; Hasil belajar; Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 10 May 2017 08:41
Last Modified: 10 May 2017 08:41
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6843

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics