Pengaruh keaktifan peserta didik dalam eksperimen dengan pendekatan open ended pada meteri vektor terhadap hasil belajar di kelas X MA NU Ma’arif Kudus tahun ajaran 2015/2016
Fuad, Muhammad Shofi (2016) Pengaruh keaktifan peserta didik dalam eksperimen dengan pendekatan open ended pada meteri vektor terhadap hasil belajar di kelas X MA NU Ma’arif Kudus tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (151kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (2MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (130kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (174kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keaktifan peserta didik dalam eksperimen dengan pendekatan open ended pada materi vektor terhadap hasil belajar di kelas X MA NU Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X-1 sebagai kelas penelitian dengan jumlah 39 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Keaktifan dalam proses pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan open ended pada materi vektor MA NU Ma’arif Kudus mempunyai rata-rata yaitu = 69 dan simpangan baku yaitu χ2= 7,99 dan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 66 – 71. Hasil belajar MA NU Ma’arif Kudus kelas X-1 pada materi vektor mempunyai rata – rata = 75,5 dan simpangan baku χ2 = 4,45 dan termasuk dalam kategori cukup, yaitu berada pada interval nilai 73 – 78. Dalam uji hipotesis persamaan regresi Ŷ = 38,170 + 0,541X dan hasil varians garis regresi Fhitung = 20,287 > Ftabel 5% = 4, 10 berarti signifikan dan Fhitung = 20,28 > Ftabel 1% = 7, 35 berarti signifikan. Perhitungan Nilai rTabel untuk taraf 5% dengan n = 39 diperoleh rTabel = 0,316 dan untuk 1% diperoleh r = 0,59. Nilai rhitung lebih besar dari rTabel baik untuk kesalahan 5% maupun 1% ( 0,59 > 0,408 > 0,316 ), maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan sebesar 0,59 sedangkan 0,41 dipengaruhi oleh foktor lain. Demikian dapat disimpulkan bahwa keaktifan peserta didik dalam eksperimen dengan pendekatan open ended berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik MA NU Ma’arif Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan pembelajaran; Open ended; Vektor |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84203 - Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 17 May 2017 09:24 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 10:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6844 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year