Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan prestasi belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016

Norhidayah, Vita (2016) Efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan prestasi belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (937kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (10MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan di kelas VII SMP Negeri 2 kembang yaitu kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik masih kurang, hal ini dapat dilihat: (1) Peserta didik masih kebingungan apabila diberikan soal yang berbeda dengan yang dicontohkan guru, (2) pesera didik masih kebingungan dalam mengelompokkan unsur yang diketahui dalam soal, (3) peserta didik masih kesulitan dalam menemukan cara lain dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis dan prestasi belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan teknik analisis uji-t. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP), sedangkan variabel terikat penelitian adalah kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode tes, metode observasi, metode angket dan metode dokumentasi.
Data hasil penelitian yang telah terkumpul, dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametris. Berdasarkandari analisis bahwa data hasil penelitian yang berupa angket berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_(hitung )= 2,08 sedangkan t_tabel=1,671. Karena dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Untuk observasi yang dilakukan pada siswa kelas eksperimen selama kegiatan pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan pada setiap pertemuan. Hal ini ditunjukkan oleh persentase observasi kemampuan berpikir kreatif matematis, pada pertemuan pertama 49,5%, pertemuan kedua 52,19%, dan pertemuan ketiga 57,2%. Sedangkan untuk kelas kontrol memiliki kemampuan berpikir kreatif matematis pada setiap pertemuan yang persentasenya meningkat lebih sedikit dari kelas eksperimen dan memiliki persentase pada pertemuan pertama 49,2%, pertemuan kedua 49,4% dan pertemuan ketiga 52,8%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan dari analisis bahwa data hasil penelitian yang berupa tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji t. berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t_hitung= 2,13 sedangkan t_tabel=1,671. Karena dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif belajar peserta didik SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016.
Berdasarkan hasil tes akhir yang telah dilakukan diperoleh rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen adalah 62, 09. Rata-rata prestasi belajar kelas kontrol adalah 51,58. Maka dapat diartikan bahwa rata-rata kelompok eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, tetapi nilai rata-rata peserta didik kelas ekperimen dan kontrol kurang dari KKM yaitu 65 maka dapat disimpulkan bahwa, “penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) tidak efektif terhadap prestasi belajar peserta didik pada materi himpunan kelas VII SMP Negeri 2 Kembang Jepara tahun pelajaran 2015/2016”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Siti Maslihah, M. Si.; Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran; Missouri Mathematics Project (MMP); Prestasi belajar; Kemampuan berpikir kreatif; Pembelajaran matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84202 - Pendidikan Matematika
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 19 May 2017 08:12
Last Modified: 19 May 2017 08:12
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6864

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics