Analisis keterampilan menyimpulkan peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror

Nikmaturrohmah, Nikmaturrohmah (2016) Analisis keterampilan menyimpulkan peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (413kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (870kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (697kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (713kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (291kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas keterampilan menyimpulkan pada peserta didik kelas XI menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis di MA Al Asror Gunungpati, Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menyimpulkan yang dimiliki peserta didik kelas XI di MA Al Asror. Keterampilan menyimpulkan mempunyai peran penting untuk mendorong kemampuan berpikir kritis, menulis kreatif, dan mengetahui sejauh mana peserta didik menguasai materi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI IPA-2. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa kualitas keterampilan menyimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada peserta didik kelompok kognitif tinggi mencapai kategori sangat baik dengan skor rata-rata sebesar 65,75, kelompok kognitif sedang mencapai kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 49,75 dan kelompok kognitif rendah mencapai kategori cukup dengan skor rata-rata sebesar 46,2. Secara keseluruhan kualitas keterampilan menyimpulkan pada peserta didik kelas XI dengan menggunakan model inkuiri terbimbing di MA Al Asror tergolong kedalam kedalam kategori baik dengan skor rata-rata sebesar 51,3.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: R. Arizal Firmansyah, S. Pd., M. Si.; Hj. Malikhatul Hidayah, ST., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan menyimpulkan; Model pembelajaran; Inkuiri terbimbing; Pembelajaran kimia
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > 84204 - Pendidikan Kimia
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 22 May 2017 08:26
Last Modified: 22 May 2017 08:26
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6879

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics