Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ekosistem di kelas VII Semester II MTs Hidayatul Qur’an Sayung Demak tahun ajaran 2015/2016
Rofiah, Umi Laelatur (2016) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ekosistem di kelas VII Semester II MTs Hidayatul Qur’an Sayung Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (839kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (234kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (936kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (101kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (5MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA materi ekosistem Kelas VII Semester II MTs Hidayatul Qur’an Sayung Demak tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VII Semester II A sebagai kelas kontrol dengan jumlah 31 peserta didik, dan Kelas VII Semester II B sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 31 peserta didik. Teknik pengambilan sampel ini dilakukan dengan menggunakan teknik Sampling Random.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, metode dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar. Kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dilakukan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Pembelajaran kelas eksperimen dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional ceramah.
Hasil analisis uji hipotesis menggunakan uji t-test. Berdasarkan perhitungan t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung = 5,951 sedangkan ttabel = 1,67, karena thitung > ttabel, berarti Ha diterima dan Ho ditolak, berarti rata-rata hasil belajar mata pelajaran IPA materi ekosistem lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 77,42 dan kelas kontrol = 70,48, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) lebih baik daripada hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Jadi pembelajaran dengan model kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) efektif daripada pembelajaran konvensional di MTs Hidayatul Qur’an Sayung Demak tahun ajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. H. Widodo Supriyono, MA.; Dr. Lianah, M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pembelajaran kooperatif; Hasil belajar Biologi; Ekosistem |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > 84205 - Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 May 2017 07:37 |
Last Modified: | 30 May 2017 07:37 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6894 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year