Bimbingan beragama di lingkungan sekolah dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa kelas IVC SD Islam Al Madina Semarang tahun ajaran 2015/2016

Inayah, Rohmi (2016) Bimbingan beragama di lingkungan sekolah dalam membentuk kecerdasan spiritual siswa kelas IVC SD Islam Al Madina Semarang tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of Coverdll.pdf]
Preview
Text
Coverdll.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of bab 1.pdf]
Preview
Text
bab 1.pdf - Accepted Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2.pdf]
Preview
Text
Bab 2.pdf - Accepted Version

Download (530kB) | Preview
[thumbnail of BAB 3.pdf]
Preview
Text
BAB 3.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Bab 4.pdf]
Preview
Text
Bab 4.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of bab 5.pdf]
Preview
Text
bab 5.pdf - Accepted Version

Download (80kB) | Preview
[thumbnail of Daftar pustka.pdf]
Preview
Text
Daftar pustka.pdf - Bibliography

Download (67kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bimbingan beragama
dalam lingkungan sekolah SD Islam Al Madina dan kecerdasan
spiritual yang di terapkan oleh siswa kelas IVC. Adapun rumusan masalah: (1) Bagaimana bimbingan beragama terhadap siswa kelas IVC SD Islam Al Madina Semarang tahun ajaran 2015/2016 di lingkungan sekolah. (2) Bagaimana hasil evaluasi bimbingan beragama terhadap siswa kelas IVC SD Islam Al Madina Semarang tahun ajaran 2015/2016 di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber data yang diperoleh dari; Pak Sepul Imam S.Pd.I (kepala sekolah), Pak Alek Budi Santoso, S.Pd.I ( guru agama) dan Bu Ngariatun S.Pd (wali kelas IVC). Sumber data lainnya diperoleh dari kokumen-dokumen sekolah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan beragama terhadap siswa kelas IVC SD Islam Al Madina di lingkungan sekolah didalam kelas maupun diluar kelas sudah baik karena siswa IVC yang menerapkan bimbingan beragama hamper semua. Sebagian besar siswa kelas IVC sudah bersikap sesuai bimbingan yang ada di lingkungan sekolah. Kecerdasan spiritual muncul karena adanya faktor intern siswa, sekolah, keluarga dan lingkungan teman bermain.
Sebagai wadah pendidikan bagi anak, maka SD Islam Al
Madina memberikan solusi untuk mengatasi hal tersebut, dengan cara metode pembiasaan, kasih sayang, motivasi, bimbingan, sanksi, pemberian imbalan, serta kerjasama dengan orang tua/wali murid dan masyarakat. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi bagi lembaga pendidikan khususnya SD Islam Al Madina, dan semua
pihak yang membutuhkan dilingkungan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Bimbingan beragama; Kecerdasan spiritual
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jun 2017 02:45
Last Modified: 26 Jun 2021 03:05
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6936

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics