Peningkatan kemampuan praktik salat peserta didik melalui metode demonstrasi di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak
Alwi, Masyhuri (2016) Peningkatan kemampuan praktik salat peserta didik melalui metode demonstrasi di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
01. HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Download (630kB) | Preview
02. BAB I.pdf - Accepted Version
Download (264kB) | Preview
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (624kB) | Preview
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Download (237kB) | Preview
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (322kB) | Preview
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Download (11kB) | Preview
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (85kB) | Preview
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (915kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran praktik salat dengan menggunakan metode lama (konvesional) siswa pasif dalam pembelajaran, rata-rata peserta didik kurang mampu mempraktekkan bacaan dan gerakan salat dengan benar. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran salat di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak dilakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara menerangkan materi, membagi peserta didik dalam kelompok, mendemonstrasikan materi. kemudian kelompok tersebut praktek di depan kelas peserta didik lain mengomentari, terakhir di evaluasi melalui tes praktik sholat. Pada tahap tindakan ini kolabolator mengamati aktivitas belajar peserta didik, setelah didapatkan hasil kemampuan dan aktivitas belajar peserta didik kemudian peneliti dan kolabolator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus berikutnya. Metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan praktik salat peserta didik di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai keaktifan belajar siswa dimana pra siklus Sebanyak 14 siswa (43.76%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 26 siswa (81.13%), dan siklus II sebanyak 27 siswa (84.50%) yang aktif. Hal ini menunjukkan indikator yang di tetapkan 80% telah terpenuhi. Kemampuan bacaan salat pada pra siklus sebanyak 5 siswa (15.63%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 13 siswa (40.63%) dan siklus II sebanyak 27 siswa (84.38%). Sedangkan pada kemampuan gerakan salat pra siklus Sebanyak 5 siswa (15.63%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 14 siswa (43.76%), dan siklus II sebanyak 26 siswa (81.25 %), hasil tersebut menunjukkan terjadi peningkatan praktek salat dengan KKM 70 sebanyak 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Salat; Metode pembelajaran; Metode demonstrasi |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 07:54 |
Last Modified: | 12 Jun 2021 04:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6971 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year