Peningkatan kemampuan praktik salat peserta didik melalui metode demonstrasi di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak

Alwi, Masyhuri (2016) Peningkatan kemampuan praktik salat peserta didik melalui metode demonstrasi di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of 01. HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
01. HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (630kB) | Preview
[thumbnail of 02. BAB I.pdf]
Preview
Text
02. BAB I.pdf - Accepted Version

Download (264kB) | Preview
[thumbnail of 03. BAB II.pdf]
Preview
Text
03. BAB II.pdf - Accepted Version

Download (624kB) | Preview
[thumbnail of 04. BAB III.pdf]
Preview
Text
04. BAB III.pdf - Accepted Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 05. BAB IV.pdf]
Preview
Text
05. BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (322kB) | Preview
[thumbnail of 06. BAB V.pdf]
Preview
Text
06. BAB V.pdf - Accepted Version

Download (11kB) | Preview
[thumbnail of 07. DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (85kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (915kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran praktik salat dengan menggunakan metode lama (konvesional) siswa pasif dalam pembelajaran, rata-rata peserta didik kurang mampu mempraktekkan bacaan dan gerakan salat dengan benar. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode demonstrasi pada pembelajaran salat di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak dilakukan tindakan proses pembelajaran dengan cara menerangkan materi, membagi peserta didik dalam kelompok, mendemonstrasikan materi. kemudian kelompok tersebut praktek di depan kelas peserta didik lain mengomentari, terakhir di evaluasi melalui tes praktik sholat. Pada tahap tindakan ini kolabolator mengamati aktivitas belajar peserta didik, setelah didapatkan hasil kemampuan dan aktivitas belajar peserta didik kemudian peneliti dan kolabolator merefleksi kegiatan dan melakukan perbaikan untuk dilakukan pada siklus berikutnya. Metode demonstrasi dapat meningkatkan keaktifan belajar dan kemampuan praktik salat peserta didik di kelas IV semester genap tahun pelajaran 2015/2016 MI Darussalam Ngepreh Sayung Demak, hal ini dapat di lihat dari kenaikan nilai keaktifan belajar siswa dimana pra siklus Sebanyak 14 siswa (43.76%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 26 siswa (81.13%), dan siklus II sebanyak 27 siswa (84.50%) yang aktif. Hal ini menunjukkan indikator yang di tetapkan 80% telah terpenuhi. Kemampuan bacaan salat pada pra siklus sebanyak 5 siswa (15.63%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 13 siswa (40.63%) dan siklus II sebanyak 27 siswa (84.38%). Sedangkan pada kemampuan gerakan salat pra siklus Sebanyak 5 siswa (15.63%), mengalami kenaikan pada siklus I yaitu 14 siswa (43.76%), dan siklus II sebanyak 26 siswa (81.25 %), hasil tersebut menunjukkan terjadi peningkatan praktek salat dengan KKM 70 sebanyak 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Salat; Metode pembelajaran; Metode demonstrasi
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Jun 2017 07:54
Last Modified: 12 Jun 2021 04:42
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6971

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics