Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode gallery walk pada materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran Fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara tahun ajaran 2016/2017
Mukarrob, Ainul (2016) Meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode gallery walk pada materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran Fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
01. HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Download (478kB) | Preview
02. BAB I.pdf - Accepted Version
Download (193kB) | Preview
03. BAB II.pdf - Accepted Version
Download (444kB) | Preview
04. BAB III.pdf - Accepted Version
Download (167kB) | Preview
05. BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (335kB) | Preview
06. BAB V.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (105kB) | Preview
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Download (475kB) | Preview
Abstract
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan metode gallery walk pada materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara tahun ajaran 2016/2017? 2) Apakah penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara tahun ajaran 2016/2017?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode gallery walk pada materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari dilakukan dengan menerangkan materi dan mempersilahkan siswa bertanya, kemudian guru membentuk kelompok kerja untuk menyelesaikan tugas LKS yang diberikan guru dengan berdiskusi, hasil diskusi dibuat dalam bentuk bagan atau tabel. Masing-masing kelompok mempersiapkan presentator (guide) dan anggota lainnya berjalan menyusuri semua karya yang dipajang untuk mengamati, menilai, dan bertanya. 2) Penerapan metode gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar materi mengenal makanan dan minuman yang halal dan haram dalam mata pelajaran fiqih kelas V MI Mazroatul Ulum Pringtulis Nalumsari Jepara hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pda pra siklus hanya ada 11 peserta didik atau 44%, Siklus I 18 peserta didik atau 72% dan pada siklus II sudah mencapai 22 peserta didik atau 88%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses penerapan metode gallery walk pada kategori aktif dan aktif sekali juga meningkat persiklus yaitu di siklus I keaktifan siswa ada 14 peserta didik atau 56% dan pada siklus II sudah mencapai 23 peserta didik atau 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Gallery Walk; Hasil belajar; Fiqih; Makanan halal |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 09 Jun 2017 08:34 |
Last Modified: | 28 Jul 2021 09:38 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6979 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year