Hubungan antara persepsi siswa tentang kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku sopan santun siswa MI Hidayatul Mubtadiin kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang tahun pembelajaran 2016/2017

Sulinah, Sulinah (2016) Hubungan antara persepsi siswa tentang kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku sopan santun siswa MI Hidayatul Mubtadiin kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang tahun pembelajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (821kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (419kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (880kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata

Download (1MB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai Hubungan antara Persepsi
Siswa tentang Kegiatan Pembelajaran Dengan Perilaku Sopan Santun Siswa MI Hidayatul Mubtadiin Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang Tahun Pembelajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak adanya hubungan positif antara persepsi siswa terhadap kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku sopan santun siswa di MI Hidayatul Mubtadiin Tahun Pembelajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis studi korelasional yang terdiri dari persepsi siswa tentang kegiatan pembelajaran akidah akhlak sebagai variabel bebas (X) dan perilaku sopan santun siswa sebagai variabel terikat (Y). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV, V, danVI MI Hidayatul Mubtadiin Kelurahan Pandean Lamper Kecamatan Gayamsari Kota Semarang Tahun Pembelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 58 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik angket untuk mengetahui persepsi siswa terhadap kegiatan pembelajaran akidah akhlak dan perilaku sopan santun siswa.
Pengujian angket menggunakan skala likert, untuk mengetahui
validitas kedua instrumen tersebut, maka menggunakan rumus
korelasi product moment dengan taraf signifikansi 5%, dan kedua instrumen tersebut dapat dikatakan valid apabila rhitung>rtabel. Hasil perhitungan menggunakan rumus product moment dengan n = 58 dan taraf signifikansi 5%, maka diperoleh rhitung = 0,984 sedangkan rtabel= 0,259 artinya Ha diterima dan Ho ditolak serta arah korelasinya positif.
vii Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara persepsi siswa tentang kegiatan pembelajaran akidah akhlak dengan perilaku sopan santun siswa MI Hidayatul Mubtadiin Semarang tahun pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran akidah akhlak; Sopan santun; Siswa
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 14 Jun 2017 02:32
Last Modified: 08 Dec 2021 10:17
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6993

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics