Problematika peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadiṡ dan solusinya di kelas V MI Ki Aji Tunggal Karang Aji Kedung Jepara tahun ajaran 2015/2016
Rodliyah, Issatir (2016) Problematika peserta didik dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadiṡ dan solusinya di kelas V MI Ki Aji Tunggal Karang Aji Kedung Jepara tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
Halaman depan.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Bab I.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Bab II.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Bab III.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Bab IV.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Bab V.pdf - Accepted Version
Download (1MB) | Preview
Daftar pustaka.pdf - Bibliography
Download (174kB) | Preview
Lampiran.pdf - Additional Metadata
Download (2MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Problematika Peserta Didik
dalam Pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ dan solusinya kelas V di MI Ki
Aji Tunggal Karangaji Kedung Jepara tahun ajaran 2015/2016. Kajian
ini dilatarbelakangi oleh permasalahan-permasalahan yang dihadapi
peserta didik dalam hal menulis, seperti: penulisan huruf yang tidak
jelas, kurangnya tanda baca, pemenggalan kurang tepat, serta
permasalahan dalam hal menghafal seperti: kurang lancar, ayat
terbolak balik, kurang sesuai kaidah tajwid, ayat terlewati dan panjang
pendek kalimat yang kurang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui problematika peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an
Ḥad ṡ dan solusinya di kelas V MI Ki Aji Tunggal Karangaji Kedung
Jepara tahun ajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Bertujuan untuk mendeskripsikan dan memperoleh informasi tentang
segala problematika yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran
al-Qur’an Ḥad ṡ di kelas V MI Ki Aji Tunggal serta mencari solusi
dari problem tersebut. Data pada penelitian ini diperoleh melalui
tehnik tes dan non tes. Tes digunakan untuk mengetahui tingkat
kemampuan menulis, dan menghafal peserta didik. Teknik non tes
meliputi: observasi secara langsung, wawancara Kepala Madrasah,
guru mata pelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ kelas V dan 35 peserta didik
kelas V, serta data hasil dokumentasi.
v
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa:
1) Problematika peserta didik dalam pembelajaran al-Qur’an Ḥad ṡ
kelas V di MI Ki Aji Tunggal, diantaranya adalah aspek menulis:
kurang tanda baca, penulisan huruf tidak jelas, penghilangan suku
kata dan pemenggalan kalimat yang tidak tepat.
Aspek menghafal: kurang lancar, kurang faṣiḥ dalam pengucapan
qolqolah, ayat terbolak balik, ayat terlewati dan kurang dengung
sesuai kaidah ilmu tajwid.
2) Solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi problematika
peserta didik tersebut diantaranya: Diputarkan tartilan, variasi dan
kombinasi metode, penggunaan al-Qur’an dengan tajwid warna
serta penggunaan media sederhana seperti kertas dan gambar.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi
bahan informasi, motivasi, masukan, serta bahan evaluasi bagi para
tenaga pendidik untuk mengambil kebijakan dalam meningkatkan
mutu pendidikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-qur’an Hadiṡ |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 14 Jun 2017 02:40 |
Last Modified: | 04 Dec 2021 02:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/6996 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year