Emosional anak gifted : studi kasus siswa pada bimbingan minat baca dan belajar anak (Bimba-AIUEO) Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Semarang
Fitriani, Alifiyah (2016) Emosional anak gifted : studi kasus siswa pada bimbingan minat baca dan belajar anak (Bimba-AIUEO) Kelurahan Tlogosari Kulon Kecamatan Pedurungan Semarang. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (600kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (285kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (343kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (270kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (190kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (110kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (95kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Anak cerdas istimewa atau (gifted) adalah anak yang memiliki kecerdasaan tinggi dibandingkan dengan anak normal seusianya, selain mempunyai kelebihan anak cerdas istimewa juga memiliki kelemahan dalam segi emosionalnya atau perasaan dimana anak susah untuk bermain dengan teman sebayanya. Maka anak cerdas istimewa memiliki perkembangan yang tidak sinkron atau tidak bisa sama dengan anak normal seusiannya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana emosional pada anak cerdas istimewa atau gifted di bimba-aiueo kel. Tlogosari Kulon Kec. Pedurungan Semarang, faktor yang menyebabkan emosional anak gifted di bimba-aiueo kelurahan Tlogosari Kulon kecamatan Pedurungan Semarang.
Penulis skripsi ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang bertempat di Bimba-Aiueo kelurahan Tlogosari Kulon kecamatan Pedurungan Semarang.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai data primer dan data sekunder diambil dari buku-buku yang relevan.Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan analisisi deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa emosi dan kecerdasaan anak cerdas istimewa itu berbeda dengan anak normal seusianya, dimana anak normal seusianya memiliki berkembangan yang sama sedangkan anak cerdas istimewa atau gifted memiliki perkembangan yang tidak sinkron yang menyebabkan ketinggalan dengan anak seusianya dalam segi emosionalnya atau perasaan dan yang lainnya.Emosional atau perasaaan pada anak cerdas istimewa sangat berlebihan dalam menunjukkannya. Walaupun perkembangan anak cerdas istimewa ada yang tertinggal dengan temannya anak gifted juga memiliki kelebihan tersendiri dalam segi intelektualnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Prof. Dr. H. Abdullah Hadziq, MA.; Dr. Hasyim Muhammad, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Emosional siswa; Minat baca |
Subjects: | 100 Philosophy and psychology > 150 Psychology > 152 Perception, movement, emotions, drives |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Humaniora > 76236 - Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 21 Jun 2017 07:55 |
Last Modified: | 19 Jun 2021 04:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7017 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year