Penerapan strategi pemasaran syariah melalui jejaring sosial (studi kasus pada mahasiswa Komunitas Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang)
Saliha, Amelia (2017) Penerapan strategi pemasaran syariah melalui jejaring sosial (studi kasus pada mahasiswa Komunitas Bisnis Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Walisongo Semarang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (903kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (453kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (428kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (269kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (427kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (196kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (157kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (301kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai penerapan strategi pemasaran syariah mahasiswa Komunitas Bisnis FEBI UIN Walisongo Semarang melalui jejaring sosial. Kajiannya dilatarbelakangi bahwa banyak mahasiswa Komunitas Bisnis yang mempunyai bisnis online, yang bisnis tersebut dipasarkan melalui jejaring sosial. Strategi pemasaran sangat menentukan perusahaan mencapai tujuannya. Oleh karena itu, mahasiswa Komunitas Bisnis sebagai pemasar muslim yang memasarkan bisnisnya melalui jejaring sosial tidak hanya memerlukan strategi pemasaran yang jitu agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai. Namun strategi pemasaran syariah juga diperlukan agar kegiatan pemasarannya tidak ada yang melanggar aturan-aturan syariah Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa Komunitas Bisnis FEBI UIN Walisongo Semarang periode 2013-2015 yang mempunyai bisnis online yang dipasarkan melalui jejaring sosial. Sementara data sekunder diperoleh dari arsip dokumen pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dan pihak UKM Komunitas Bisnis. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang peneliti gunakan adalah metode deskriptif analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa strategi pemasaran syariah yang diterapkan oleh mahasiswa Komunitas Bisnis melalui jejaring sosial pada umumnya telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu mencontoh praktik marketing Rasulullah yang meliputi segmentasi, targeting, positioning, dan bauran pemasarannya. Serta karakteristik pemasaran Islami yaitu Theitis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah), Realistis (Al-Waqi’iyyah) dan Humanistis (Al-Insaniyyah). Namun, masih ada mahasiswa Komunitas Bisnis yang dalam penerapan strategi pemasarannya belum sesuai dengan syariah Islam. Yaitu mempromosikan produk yang gambarnya tidak sesuai dengan warna aslinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Ari Kristin Prasetyoningrum, SE., M. Si.; Choirul Huda, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran syariah; Media sosial; Komunitas bisnis mahasiswa |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 01:31 |
Last Modified: | 16 Jul 2021 07:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7030 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year