Strategi pemasaran jasa pendidikan Islam di SMP Pondok Modern Selamat Kendal
Sa’adah, Nur (2014) Strategi pemasaran jasa pendidikan Islam di SMP Pondok Modern Selamat Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.
HALAMAN DEPAN.pdf
Download (473kB) | Preview
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version
Download (473kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (258kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (246kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (175kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (251kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
BIBLIO.pdf - Bibliography
Download (181kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata
Download (3MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas mengenai strategi pemasaran jasa pendidikan islam. Kajiannya dilatarbelakangi oleh penerapan strategi pemasaran jasa pendidikan yang dapat mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap sekolah, sehingga masyarakat berminat untuk memasukkan anaknya ke sekolah tersebut. penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan Islam di SMP Pondok Modern Selamat Kendal ? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMP Pondok Modern Selamat Kendal. Lembaga pendidikan Islam tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret strategi pemasaran jasa pendidikan dalam lembaga pendidikan islam. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan model analisis data interaksi.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran jasa pendidikan Islam yang diterapkan di SMP Pondok Modern Selamat Kendal adalah strategi bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi 7 aspek. Tujuh aspek tersebut adalah: Produk/jasa, produk/jasa yang ditawarkan meliputi kurikulum Kemendikbud dengan program tambahan keagamaan, program boarding school, prestasi/kejuaraan yang diraih; Harga, biaya yang harus dibayarkan untuk mendapatkan jasa pendidikan yaitu meliputi biaya pendaftaran, biaya sewa fasilitas asrama, biaya perasional dan biaya semesteran, serta adanya syarat cicilan dan beasiswa bagi siswa berprestasi maupun siswa kurang mampu; Tempat/lokasi, lokasi sekolah berada dekat dengan pusat kota sehingga mudah diakses, lingkungan belajarnya kondusif dan lahan parkirnya luas; Promosi, promosi/publikasi dilakukan melalui media elektronik, media cetak, pameran pendidikan, kontak langsung dengan calon konsumen, dan kegiatan-kegiatan humas; Sumber Daya Manusia, SMP Pondok Modern Selamat Kendal memiliki guru yang semuanya berpendidikan S-1. Pihak sekolah selalu memberikan pelatihan-pelatihan keterampilan sehingga mereka menjadi profesional dan berkompeten dalam bidangnya; Sarana dan Prasarana, Sarana pendidikan dan peribadatan sekolah lengkap mulai dari ruang kelas, ruang kantor, perpustakaan, laboratorium, lapangan olahraga, masjid, museum, lobi, dan aula/gedung serbaguna; Proses Layanan Jasa Pendidikan, SMP Pondok Modern Selamat Kendal melayani konsumennya dengan ramah, tanggap, dapat dipercaya, terjamin, dan empati.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Wahyudi; Mahfud Junaedi |
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemasaran; Pendidikan Islam |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam) |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 05 Jul 2017 02:47 |
Last Modified: | 05 Jul 2017 02:47 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7044 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year