Manajemen pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran

Saputri, Risa Amin (2014) Manajemen pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo Semarang.

[thumbnail of HALAMAN DEPAN.pdf]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (132kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (387kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (20kB) | Preview
[thumbnail of BIBLIO.pdf]
Preview
Text
BIBLIO.pdf - Accepted Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Additional Metadata

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan manajemen pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran. Kajian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku menyimpang yang dilakukan oleh anak terutama pada usia remaja. Oleh karena itu dengan sistem pendidikan yang ada, sekolah dituntut untuk dapat membekali siswa sejak dini dengan nilai-nilai karakter yang diajarkan di sekolah. Untuk itu sekolah harus dikelola sedemikian rupa agar pembentukan karakter pada siswa dapat tercapai. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Saung? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Saung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Saung?. Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian lapangan yang dilaksanakan di SD Alam Ungaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian yang bersifat deskriptif yang bertujuan untuk menguraikan secara tepat sifat-sifat suatu individu, keadaan, gejala atau kelompok tertentu. Penelitian yang digunakan peneliti menggunakan metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati dan diarahkan pada latar ilmiah dan individu tersebut secara menyeluruh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi.
Kajian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran menggunakan konsep spider web, yaitu mengintegrasikan tema dengan semua mata pelajaran yang ada. Kemudian dari spider web tersebut guru menyusun weekly plan yaitu gambaran rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dalam satu tema. Dalam tema yang akan dipelajari guru juga harus mengintegrasikan nilai-nilai karakter yang akan dibentuk pada siswa dengan pembelajaran out door. (2) Pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran diantaranya adalah out bond, berenang, olahraga, outing, cooking, dan berkebun. Dalam pelaksanaan pembelajaran out door tersebut diharapkan dapat terbentuk karakter siswa sesuai yang diinginkan. (3) Evaluasi pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran dilakukan oleh guru setelah kegiatan pembelajaran out door dilaksanakan. Evaluasi ini dilakukan dengan mengamati siswa saat pembelajaran out door berlangsung, diskusi, tanya jawab, memberi pertanyaan secara lisan kepada siswa mengenai hal yang berhubungan dengan pembelajaran yang telah dilaksanakan. Evaluasi pembelajaran out door di SD Alam Ungaran lebih menekankan pada pencapaian penanaman karakter pada siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen pembelajaran out door dalam pembentukan karakter siswa di SD Alam Ungaran berjalan dengan baik. Walaupun begitu masih butuh dukungan dari beberapa pihak agar penciptaan suasana sekolah yang kondusif dan penanaman nilai karakter tertanam dengan baik oleh seluruh siswa. Karena bukan proses belajar mengajar yang sekali jadi, akan tetapi merupakan proses yang berlangsung secara terus menerus dan melibatkan semua pihak yang bertanggung jawab dalam penyelenggaraan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Ismail; Wahyudi
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran out door; Pembentukan karakter; Sekolah alam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86231 - Manajemen Pendidikan Islam (Kependidikan Islam)
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 05 Jul 2017 02:51
Last Modified: 05 Jul 2017 02:51
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7047

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics