Manajemen pelayanan calon jamaah Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Arofah Kendal

Rohmah, Via Mawaddatur (2017) Manajemen pelayanan calon jamaah Haji di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Arofah Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (550kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (476kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (594kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (95kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: a) Mengetahui bagaimana manajemen pelayanan calon jamaah haji di kelompok bimbingan ibadah haji Arofah. b) Untuk memperoleh gambaran mengenai faktor-faktor yang dapat menghambat dan mendukung pelaksanaan manajemen pelayanan calon jamaah haji di kelompok bimbingan ibadah haji Arofah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan: 1) Observasi, 2) Wawancara terstruktur, 3) Dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengan metode analisis SWOT dan dilanjutkan dengan analisis TOWS. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Manajemen Pelayanan Calon Jamaah Haji di KBIH Arofah Kendal tidak dapat dipungkiri secara umum belum dapat dikatakan sempurna, karena belum dapat memenuhi standart pelayanan yang prima (Excellent). Namun, KBIH Arofah tetap berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji, sehingga calon jamaah haji dapat melaksanakan ibadah haji sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Dalam usahanya memberikan pelayanan kepada calon jamaah haji, KBIH Arofah Kendal memperhatikan fungsi manajemen yang meliputi: Pertama, fungsi perencanaan yaitu menyusun struktur organisasi, program kerja KBIH, menyusun kebijakan di KBIH, dan lain-lain. Kedua, fungsi pengorganisasian yaitu adanya pembentukan struktur organisasi yang jelas sejak berdirinya KBIH Arofah sampai sekarang, serta pembagian job descriptin yang jelas. Ketiga, fungsi penyusunan yaitu KBIH Arofah Kendal menyusun, memilih, serta mengangkat pengurus sesuai dengan keahlian masing-masing. Keempat, fungsi pengarahan yaitu KBIH Arofah Kendal memberikan pengarahan kepada pengurus maupun calon jamaaah haji dengan melakukan tiga tahapan antara lain memberikan motivasi, bimbingan, dan pengarahan. Kelima, fungsi Koordinasi yaitu pengurus KBIH Arofah bekerja sama dan berkoordinasi dengan baik dalam mengaplikasikan perencanaan yang telah disusun sebelumnya. Keenam, fungsi pelaporan yaitu KBIH Arofah selalu mengarsipkan setiap kegiatan yang akan dan telah dilakukan serta melaporkannya kepada Ketua Kementrian Agama Kabupaten Kendal. Ketujuh, fungsi pembuatan anggaran yaitu KBIH Arofah Kendal menatok biaya bimbingan sebesar Rp. 2.000.000,-. Ketujuh fungsi pengawasan yaitu KBIH Arofah melakukan pengawasan melalui dua cara, yaitu pengawasan langsung dan pengawasan tidak langsung. Dengan memperhatikan fungsi manajemen tersebut dapat menunjang pelayanan yang diberikan oleh KBIH Arofah kepada calon jamaah haji yang meliputi administrasi, konsumsi, akomodasi, kesehatan, bimbingan, keamanan, dan lain-lainnya sesuai dengan standart pelayanan minimal ibadah haji, sehingga pelaksanaan ibadah haji dapat berjalan dengan lancar.
Faktor Penghambat dan Pendukung manajemen pelayanan calon jamaah haji di KBIH Arofah. Faktor penghambat di KBIH Arofah meliputi timbulnya persaingan yang ketat dikarenakan banyaknya KBIH yang berdiri di Kendal, keanekaragaman latar belakang calon jamaah haji (usia, pendidikan, dan lain-lain), kesibukan masing-masing pengurus, kesekretariatan belum maksimal, belum adanya promosi secara Online. Sedangkan faktor pendukungnya meliputi izin operasional dari Kementrian Agama, letak geografis strategis, kerjasama yang solid antar pengurus, sarana dan prasarana yang mendukung, tenaga pembimbing yang berpengalaman, KBIH Arofah didirikan oleh sekumpulan para ulama Kaliwungu sehingga keputusan diambil dengan musyawarah, berada dibawah naungan yayasan yang terkenal di Kaliwungu, tingkat keinginan masyarakat untuk menunaikan haji atas dasar syariat Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Fachrur Rozi, M. Ag.; Agus Riyadi, S. Sos. I., MSI.
Uncontrolled Keywords: Manajemen layanan; Jamaah haji; Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH)
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.35 Sacred places (Masjid). Pilgrims (Haji, Umrah)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 01 Aug 2017 06:29
Last Modified: 23 May 2021 02:23
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7099

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics