Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT Anfa’ Magelang dalam perspektif manajemen bisnis Islam

Aini, Umi Dzunur (2017) Strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT Anfa’ Magelang dalam perspektif manajemen bisnis Islam. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (334kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (105kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (770kB) | Preview

Abstract

Seperti diketahui keadaan dunia usaha bersifat dinamis, yang diwarnai dengan adanya perubahan dari waktu ke waktu dan adanya keterkaitan antara satu dengan lainnya. Oleh karena itu, strategi pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting untuk keberhasilan usaha perusahaan umumnya dan bidang pemasaran khususnya. Di samping itu, strategi pemasaran yang ditetapkan harus ditinjau dan dikembangkan sesuai dengan perkembangan pasar dan lingkungan pasar tersebut. Dengan demikian, strategi pemasaran harus dapat memberi gambaran yang jelas dan terarah tentang apa yang akan dilakukan perusahaan dalam menggunakan setiap kesempatan atau peluang pada beberapa pasar sasaran. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, strategi pemasaran dibutuhkan, yang mana strategi pemasaran ini merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan besar.
Penelitian ini fokus pada (1) strategi pemasaran pembiayaan mudharabah dalam perspektif manajemen bisnis Islam, dan (2) membahas faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam memasarkan produk mudharabah yang dimiliki oleh Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ Magelang perspektif manajemen bisnis Islam.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai pendekatan dalam penelitian guna memperoleh data dan metode analitik sebagai teknik analisis data. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi yang digunakan adalah observasi partisipasi untuk memperoleh gambaran tentang strategi pemasaran khususnya dalam promosi. Wawancara dilakukan kepada manajer, staf pemasaran dan nasabah Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’. Dan dokumentasi berupa buku, gambar, dan tulisan yang mendukung penelitian ini. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan dan menguraikan data-data yang telah terkumpul.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ perspektif manajemen bisnis Islam yaitu mempunyai produk yang menjadi unggulan di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ yaitu tabungan mudharabah dan pembiayaan mudharabah. Harga yang ditawarkan untuk melakukan pembiayaan mudharabah tidak dibatasi. Dalam melakukan promosi Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ menggunakan media cetak berupa brosur, spanduk, dan majalah NU aulia. Dan untuk tempat Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ memilih tempat yang cukup strategis yaitu berada didekat pasar. Dan dari strategi pemasaran pembiayaan mudharabah tersebut dilakukan sesuai dengan konsep dan prinsip manjemen bisnis Islam.
(2) Faktor pendukung dan penghambat dalam strategi pemasaran adalah adanya keterikatan emosional di sekitar masyarakat, adanya kinerja staf yang kompeten dari segi kualitas dan kuantitas dalam mencari nasabah, adanya rekanan dan peran ulama terutama dari pengurus NU. Faktor penghambat strategi pemasaran pembiayaan mudharabah di Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’ yaitu kurangnya promosi dengan media ekektronik dan media lainnya, banyaknya pesaing yang ada di sekitar Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’, karakter dari orang yang meminjam pada Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah BMT ANFA’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Saerozi, S. Ag., M. Pd.; Dedy Susanto, S. Sos. I., MSI.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Mudharabah; Manajemen bisnis Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 07 Aug 2017 05:53
Last Modified: 23 May 2021 01:52
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics