Hubungan antara Hafalan Juruumiyah dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab untuk Siswa di Kelas Juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum Kebumen
Zukhri, Saifudin (2012) Hubungan antara Hafalan Juruumiyah dengan Prestasi Belajar Bahasa Arab untuk Siswa di Kelas Juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum Kebumen. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
073211013_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (558kB) | Preview
073211013_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (69kB) | Preview
073211013_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (183kB) | Preview
073211013_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (104kB) | Preview
073211013_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (184kB) | Preview
073211013_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (50kB) | Preview
073211013_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (50kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas hubungan antara hafalan juruumiyah dengan prestasi belajar Bahasa Arab untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum Kebumen. Kajiannya dilatarbelakangi oleh pembelajaran kaidah Bahasa Arab merupakan materi yang bebas,terkadang siswa hanya membawa materi tersebut secara lafadz, bukan memahami dengan pemikiran yang lebih.Proses belajar mengajar Bahasa Arab untuk siswa di Indonesia tidaklah mudah,terdapat berbagai permasalahan.Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana hafalan juruumiyah untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen? (2) Bagaimana prestasi belajar bahasa arab untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen? (3) Apakah ada hubungan antara hafalan juruumiyah dengan prestasi belajar bahasa arab untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen?.Metode yang digunakan penulis untuk mengumpulkan data adalah metode observasi dan dokumentasi. Semua data dianalisis dengan korelasai product moment.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Hafalan juruumiyah untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen adalah sedang dengan nilai 60,35 (2) Prestasi belajar Bahasa Arab untuk siswa di kelas juruumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen adalah sedang dengan nilai 52,1 (3) Adanya hubungan antara hafalan juruumiyah dengan prestasi belajar Bahasa Arab untuk siswa di kelas jurumiyah di Pondok Pesantren Khaudlul ‘Ulum di Kebumen dengan nilai korelasi 0.765, hal ini menunjukan bahwa hipotesis diterima dan mempunyai nilai korelasi yang kuat. Manfaat dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam belajar bahasa arab dan kaidahnya. (2) Untuk mengevaluasi siswa dalam belajar bahasa arab (3) Untuk menambah wawasan penulis dalam belajar kaidah bahasa arab menggunakan kitab juruumiyah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ilmu Nahwu; Belajar Bahasa Arab; Pondok Pesantren |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education 400 Language > 490 Other languages > 492 Afro-Asiatic languages Semitic |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 88204 - Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Nur yadi |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:50 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 06:50 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/716 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year