Analisis efektifitas pemasaran produk iB Bima Emas dalam upaya peningkatan laba Bank Jateng Syari’ah Cabang Semarang
Muktiono, Joko Arif (2017) Analisis efektifitas pemasaran produk iB Bima Emas dalam upaya peningkatan laba Bank Jateng Syari’ah Cabang Semarang. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (364kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (162kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (464kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (238kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (18kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (8kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (10kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (51kB) | Preview
Abstract
Tugas Akhir ini berjudul Analisis efektifitas pemasaran Produk iB Bima Emas dalam Upaya Peningkatan Laba Bank Jateng Syariah Cabang Semarang. Penelitian ini di latar belakangi dari fitur-fitur dan keunggulan yang diberikan Bank Jateng Syari’ah dalam produk iB Bima Emas ternyata belum efektif memikat hati nasabah untuk menggunakan pembiayaan iB Bima Emas tersebut. Seperti yang di sampaikan Pemimpin Cabang Bank Jateng Syari’ah yaitu Ibu Gunawati pada saat Briefingpagi pada hari Kamis 2 Februari 2017 Bahwa Produk iB Bima Emas ini sulit berjalan dan beliau sampai memberi kebijakan yaitu pemimpin ,wakil pemimpin cabang, dan kepala kasi harus mendapatkan nasabah iB Bima Emas tersebut minimal dirinya sendiri mendaftarkan.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran mengenai situasi atau kejadian secara sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Bank Jateng Syariah Cabang Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Strategi yang digunakan Pemasar Bank Jateng Syariah Cabang Semarang ini kurang tepat sasaran/efektif, misalnya dalam penerapan pasar sasaran, Bank Jateng Syariah berfokus pada masyarakat menengah ke atas, terbukti dari mereka melakukan pemasaran di sebuah karyawan perusahaan-perusahaan yang telah berkerjasama dengan Bank Jateng Sayriah. Kemudian dalam Promosinya Bank Jateng Syariah kurang gencar atau frekuensinya kurang banyak dalam memasarkan sehingga masih jarang masyarakat di Jawa tengah tahu akan Produk iB Bima Emas ini, Padahal Produk ini sangat menjanjikan untuk masyarakat di Jawa Tengah yang ingin melakukan investasi dengan kepemilikan Emas dari Produk iB Bima Emas tersebut.
Maka dari itu Bank Jateng Syariah Perlu adanya sosialisasi untuk memperkenalkan produk-produknya karena hal yang aneh apabila Bank Jateng Syariah adalah Banknya Warga Jawa tengah sedangkan Warga di Jawa Tengah sendiri hanya segelintir orang saja yang mengenal produk-produknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing: Dr. Muhlis, M. Si. |
Uncontrolled Keywords: | Pemasaran; Produk perbankan; Laba bank |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.1 Bank dan perbankan |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3) |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 25 Aug 2017 06:59 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 03:36 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7188 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year