Strategi pemasaran busana muslim dalam menghadapi persaingan usaha (studi kasus butik Alam Bening, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang)

Valderama, Iglesias Fortuna (2017) Strategi pemasaran busana muslim dalam menghadapi persaingan usaha (studi kasus butik Alam Bening, Kecamatan Limpung Kabupaten Batang). Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (785kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (505kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (301kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (297kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (108kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (691kB) | Preview

Abstract

Strategi pemasaran adalah proses perencanaan dan implementasi kebijakan perusahaan untuk mewujudkan tujuan-tujuan perusahaan yang sesuai dengan visi perusahaan. Dalam industri yang dimonopoli oleh satu perusahaan, pemasaran tidak begitu berpengaruh terhadap laju konsumsi. Pada pasar monopoli program pemasaran hanya ditujukan untuk mengelola sumber daya seefisien mungkin dan bertindak cermat untuk memasuki pasar. Oleh sebab itu, strategi pemasaran menjadi lebih penting bagi perusahaan untuk terus mencapai keuntungan dalam setiap industri. Toko Butik Alam Bening merupakan salah satu penjual busana muslim yang memiliki konsumen yang banyak di daerah Limpung. Bidang usaha yang dijalankan Butik Alam Bening seperti dress muslim, gamis, jilbab muslim, khimar, atasan, aksesoris, tas , jam tangan, sepatu, sendal. Tingkat persaingan dalam dunia bisnis menuntut setiap pemasar untuk mampu melaksanakan kegiatan pemasarannya dengan lebih efektif dan efisien. Kegiatan pemasaran tersebut membutuhkan sebuah konsep pemasaran yang mendasar sesuai dengan kepentingan pemasar dan kebutuhan serta keinginan pelanggan. Berdasarkan rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran pada Busana Muslim Butik Alam Bening Kecamatan Limpung Kabupaten Batang dalam menghadapi persaingan usaha? 2) Apa faktor pndukung dan faktor penghambat strategi pemasaran busana muslim Butik Alam Bening Kecamatan Limpung Kabupaten Batang ? Maka tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran pada busana muslim Butik Alam Bening Kecamatan Limpung Kabupaten Batang dalam menghadapi persaingan usaha.
2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi pemasaran Busana Muslim Butik Alam Bening Kecamatan Limpung Kabupaten Batang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan menggunakan jenis sumber data sekunder yang didapat dari dokumen toko dan data primer menggunakan metode wawancara dan observasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut dianalisis dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa strategi pemasaran Busana Muslim Butik Alam Bening dalam menghadapi persaingan menggunakan jenis strategi concentrated marketing dan bauran pemasaran. Faktor pendukung dalam perkembangan usaha antara lain dukungan dari masyarakat, manajemen yang baik, karyawan yang jujur dan pelayanan yang baik, sedangkan faktor penghambat dalam berkembangnya usaha adalah letak kurang strategis, karyawan yang sedikit dan keterlambatan barang yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Hj. Siti Mujibatun, M. Ag.; H. Much. Fauzi, SE., MM.
Uncontrolled Keywords: Strategi pemasaran; Persaingan usaha
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Oct 2017 03:54
Last Modified: 16 Jul 2021 08:35
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7374

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics