Strategi produk arisan wisata di BMT Harapan Umat Pati

Rahayu, Yunita Tri (2017) Strategi produk arisan wisata di BMT Harapan Umat Pati. Diploma thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (51kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (89kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (24kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (21kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (14kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (148kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karna produk arisan wisata berhasil menarik minat mitra. Keuntungan dari produk ini ialah mitra memperoleh hak untuk mengikuti paket wisata secara gratis yang di adakan oleh BMT. Pada akhir periode saldo tabungan arisan wisatanya tidak berkurang. Keberhasilan ini dapat di ukur dari banyaknya mitra yang tertarik mengikuti kembali program ini hingga beberapa periode .
Dari latar belakang tersebut peneliti merumuskan masalah yang pertama prosedur pembukaan rekening dan yang kedua tentang strategi pemasaranya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode penelitian untuk membuat gambaran melalui situasi atau kejadian secara sistematis. Metode penelitian yang digunakan adalah interview, observasi dan dokumentasi.
Hasil hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa Arisan Wisata sudah berjalan dengan baik dan berhasil mengmpulkan mitra melalui produk tersebut. Dengan mengunakan akad wadiah yad dhamanah maka pihak BMT dapat mengelola uang tersebut untuk dikembangkan agar menghasilkan keuntungan. Keuntungan yang diperoleh pihak BMT juga akan diberikan namun bukan berupa presentase nominal secara langsung melainkan melalui pemberangkatan wisata gratis di akhir periode tabungan. Untuk memasarkanya pun BMT tidak menerapkaan segmen khusus melainkan terbuka bagi semua segmen. Sehingga semua lapisan masyarakat dapat mengunakanya. Kegiatan promosi yang dilakukan BMTHanya saja kendala yang dihadapi adalah masih adanya luka yang membekas di hati calon mitra karna adanya kegagalan BMT terdahulu ,sehingga berdampak pada BMT lain . dengan penyebaran brosur, pemasangan pamphlet di setiap kantor cabang seerta Personal selling.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Imam Yahya, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Produk tabungan; Tabungan wisata; Strategi pemasaran; BMT
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics > 332.3 Lembaga perkreditan dan simpan pinjam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 61406 - Perbankan Syariah (D3)
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 13 Oct 2017 04:07
Last Modified: 05 Jun 2021 05:28
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7384

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics