Pengaruh penggunaan model pembelajaran word square menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI di kelas V MI Sukorejo Guntur Demak
Hidayatullah, Muhammad (2017) Pengaruh penggunaan model pembelajaran word square menggunakan media audiovisual terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI di kelas V MI Sukorejo Guntur Demak. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (785kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (224kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (374kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (390kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (461kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (200kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (108kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (2MB) | Preview
Abstract
Peserta didik di MI Muabbidin masih sering merasa kesulitan dalam memahami pendidikan kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI yang disampaikan, karena guru masih menggunakan metode ceramah dialami oleh siswa. Permasalahan pada penelitian ini adalah apakah model pembelajaran word square menggunakan media audio-visual berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI di kelas V MI Sukorejo Guntur Demak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Word Square menggunakan media Audi-Visual berpengaruh terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan metode dokumentasi. Sebelum diberi perlakuan kedua kelas diuji keseimbangannya dengan uji normalitas dan homogenitas dengan menggunakan nilai tes sebelumnya. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan model Word Square media Audio-Visual dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah data didapat terlebih dahulu dilakukan uji data awal yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji signifikansi.
Dalam uji hipotesis peneliti menggunakan uji t-tes. Berdasarkan perhitungan t-tes dengan taraf signifikasi = 5% diperoleh thitung= 2,181 sedangkan ttabel = 1,67. Karena thitung>ttabel maka berarti rata-rata hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran dengan menggunakan model Word Square menggunkan media Audio-Visual lebih baik dari pada peserta didik yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Berdasarkan data yang diperoleh rata-rata nilai tes akhir kelas eksperimen = 73,929 dan kelompok kontrol = 68,966sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Word Square menggunakan media Audio-Visual terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi menjaga keutuhan NKRI pada siswa kelas V MI Muabbidin Sukorejo Guntur Demak.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi informasi dan masukan bagi kegiatan belajar mengajar di sekolah terutama dalam menerapkan strategi, metode, dan model pembelajaran yang baik dan tepat, yang dapat menumbuhkan aktivitas belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran; Pendidikan kewarganegaraan |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 01:33 |
Last Modified: | 05 Jun 2021 06:30 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7423 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year