Strategi Pemasaran Warung Mikro Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Cabang Kendal (Studi di Sales Outlet Kaliwungu)

Nurasikin, Akhmad (2013) Strategi Pemasaran Warung Mikro Bank Syari’ah Mandiri (BSM) Cabang Kendal (Studi di Sales Outlet Kaliwungu). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 082411006_coverdll.pdf]
Preview
Text
082411006_coverdll.pdf - Supplemental Material

Download (510kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bab1.pdf]
Preview
Text
082411006_bab1.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bab2.pdf]
Preview
Text
082411006_bab2.pdf - Accepted Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bab3.pdf]
Preview
Text
082411006_bab3.pdf - Accepted Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bab4.pdf]
Preview
Text
082411006_bab4.pdf - Accepted Version

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bab5.pdf]
Preview
Text
082411006_bab5.pdf - Accepted Version

Download (18kB) | Preview
[thumbnail of 082411006_bibliografi.pdf]
Preview
Text
082411006_bibliografi.pdf - Bibliography

Download (20kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dan pertumbuhan Usaha Kecil Mikro setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya minat masyarakat khususnya para pelaku Usaha Kecil Mikro (UKM) yang ingin memulai usaha. Salah satu masalah yang dihadapinya yaitu keterbatasan pada modal yang dimiliki. Perbankan Syariah hadir sebagai solusi untuk menjawab masalah permodalan pelaku UKM. Salah satu bank syariah tersebut adalah Bank Syariah Mandiri(BSM) yang menawarkan pembiayaan mikro melalui Warung Mikro.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implikasi dari strategi pemasaran warung mikro BSM Cabang Kendal khususnya Outlet Sales (SO) Kaliwungu. Strategi tersebut antara lain: dengan strategi produk, harga, tempat, dan promosi.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang sebagian hasilnya memberikan gambaran berupa kata-kata bukan angka-angka. Pembiayaan Warung Mikro BSM Cabang Kendal menyediakan tiga jenis produk, yaitu: Pembiayaan Usaha Mikro Tunas dengan plafond Rp 2 juta hingga Rp 10 juta, Pembiayaan Usaha Mikro Madya dengan plafond Rp 10 juta hingga Rp 50 juta, dan Pembiayaan Usaha Mikro Utama dengan plafond di atas Rp 50 juta hingga Rp 100 juta. Selain itu juga menganalisis Keunggulan dan kelemahan Strategi pemasaran Warung Mikro BSM KC Kendal SO Kaliwungu.
Berdasarkan Wawancara dengan beberapa nasabah dan pegawai Warung Mikro BSM SO Kaliwungu bahwa strategi pemasaran yang dilakukan berimplikasi positif terhadap kemajuan usaha para nasabahnya. Disamping itu berdasarkan laporan Performance Warung Mikro BSM KC Kendal SO kaliwungu bahwa dari awal kehadiran 11 November 2011 sampai akhir April 2013 atau dalam kurun waktu yang singkat mengalami prestasi yang cukup baik, terlihat per 31 April 2013 Warung Mikro BSM SO Kaliwungu mampu menyalurkan pembiayaan; posisi total outstanding sebesar Rp 3,854,193,346.03 dan jumlah nasabah mencapai 169 orang. Adapun keunggulan produk yang dimiliki Warung Mikro BSM Cabang Kendal antara lain Berprinsip dan akad sesuai dengan syari’ah, Limit pembiayaan mulai dari Rp 2,000,000,- sampai Rp 100,000,000,- , Proses pengajuan pembiayaan yang relatif mudah dan cepat, Angsuran ringan dan tetap hingga jatuh tempo, Program pelatihan dan pendampingan usaha bagi UMK, Menggunakan pendekatan kolektif/perseorangan dan sistem jemput bola dan terletak didaerah yang relatif dekat dengan lokasi usaha segmen mikro. Sedangkan Kelemahan Produk pembiayaan Warung Mikro BSM Cabang Kendal antara lain: Kurangnya pegawai yang benar-benar memahami dan menguasai transaksi syari’ah, fasilitas yang kurang canggih dan Promosi masih monoton dan kurang efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran; Bank Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics
600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam
Depositing User: Mohammad Kharisun
Date Deposited: 09 Dec 2013 06:30
Last Modified: 09 Dec 2013 06:30
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/743

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics