Efektivitas metode think talk write terhadap kemampuan menulis huruf Hijaiyah kelas I MI Al-Falah Kaligangsa Brebes tahun ajaran 2016/2017
Hijriyanti, Kartika Farah Siba (2017) Efektivitas metode think talk write terhadap kemampuan menulis huruf Hijaiyah kelas I MI Al-Falah Kaligangsa Brebes tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123111090.pdf - Accepted Version
Download (8MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang efektifitas metode think talk write terhadap kemampuan menulis huruf hijaiyah kelas I MI Al-Falah Kaligangsa Kulon Brebes. Dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan metode think talk write dalam kemampuan menulis hijaiyah pada siswa kelas di MI Al-Falah Kaligangsa Brebes.
Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang berbentuk kuantitatif. Dengan populasi sebanyak 34 siswa yang juga dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan 4 cara yaitu, dengan metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data penelitian terkumpul kemudian dianalisis dengan pengujian hipotesis peneliti menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-t.
Dari perhitungan uji normalitas awal, nilai rata-rata yang diperoleh kelas eksperimen 62,72 dengan standar deviasi (S) = 4,9. Sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 60,69. dengan standar deviasi (S) = 6,47. Maka dapat diketahui bahwa hasil dari perhitungan terhadap keduanya berada pada kondisi yang sama, yaitu normal dan homogen. t hitung = 1,04. sedangkan t tabel < = 1,69. Kemudian kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, kelas eksperimen menggunakan metode think talk write, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Setelah pembelajaran berakhir, kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diberi tes akhir (posttest) yang sama. Berdasarkan hasil tes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 79,72 dengan standar deviasi (S) = 6,84. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol yaitu 71,06 dengan standar deviasi (S) = 5,49. Sehingga dari analisis data diperoleh t hitung = 4,04 sedangkan t tabel = 1,69. nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis huruf hijaiyah kelas eksperimen dengan menggunakan metode think talk write lebih baik daripada rata-rata kemampuan menulis huruf hijaiyah kelas kontrol dengan metode konvensional.
Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan bahan masukan mahasiswa, tenaga pendidik, para peneliti, dan semua pihak yang 2membutuhkan terutama di lingkungan FITK UIN Walisongo Semarang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : H. Ridwan, M. Ag.; Lutfiyah, MSI. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Kemampuan menulis; Bahasa Arab |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 27 Oct 2017 01:52 |
Last Modified: | 27 Oct 2017 01:52 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7440 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year