Kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam menangkal potensi paham radikalisme (studi kasus di SMK Negeri 4 Semarang)

Rohimah, Rohimah (2017) Kontribusi guru pendidikan agama Islam dalam menangkal potensi paham radikalisme (studi kasus di SMK Negeri 4 Semarang). Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (433kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (156kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kontribusi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam menangkal potensi paham radikalisme dengan studi kasus di SMK Negeri 4 Semarang. Kajian ini dilatar belakangi oleh maraknya radikalisme yang sudah menjadi permasalahan global dan sudah masuk ke ranah dunia pendidikan. Para pendidik khususnya pendidik Islam perlu menyadari betapa pentingnya pemahaman agama Islam dikemukakan dengan jelas dan rasional kepada peserta didik.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif studi kasus di SMKN 4 Semarang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Keabsahan data dilakukan dengan uji triangulasi data, dan menggunakan teknik deskripsi analitik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya kontribusi yang diberikan oleh guru PAI di SMKN 4 Semarang dalam upaya menangkal potensi paham radikalisme di sekolah tersebut:
1. Program pemahaman. Diberikan melalui pemberian pengetahuan mengenai radikalisme terhadap peserta didik.
2. Program pendampingan. Dilakukan oleh guru dalam kegiatan yang ada di sekolahan.
Dalam pemberian kontribusi tersebut muncul problematika yang harus dihadapi:
1. Berasal dari permasalahan pribadi peserta didik.
2. Berasal dari lingkungan di sekitar peserta didik.
Dari kontribusi yang diberikan dan problematika yang ada, maka dari pihak guru PAI memberikan solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Abdul Rohman, M. Ag.; H. Ahmad Muthohar, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru; Pendidikan Agama Islam; Paham radikalisme
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 01:58
Last Modified: 27 Oct 2017 01:58
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7445

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics