Analisis Pengaruh Kualitas Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang
Hani’ah, Ika Khoiriyatul (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Mobile Banking terhadap Kepuasan Nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.
082411101_Coverdll.pdf - Cover Image
Download (436kB) | Preview
082411101_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (36kB) | Preview
082411101_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (143kB) | Preview
082411101_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (60kB) | Preview
082411101_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (329kB) | Preview
082411101_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (17kB) | Preview
082411101_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (18kB) | Preview
Abstract
Kualitas memiliki hubungan yang erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberikan suatu dorongan kepada pelanggan untuk menjalin ikatan hubungan yang kuat dengan perusahaan. Mobile banking merupakan suatu produk jasa dari Bank Syariah Mandiri yang mengandalkan kecanggilan tenologi GPRS (General Package Radio Services) untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi perbankan.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yang pertama apakah kualitas mobile banking (jasa) berpengaruh terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri. Kedua, menganalisis pengaruh kualitas Mobile Banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Semarang.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Objek penelitian adalah kualitas mobile banking (X) dan kepuasan nasabah (Y). Adapun subjek penelitian ini adalah Bank Syariah Mandiri. Sampel yang diambil 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental/convience sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas mobile banking terhadap kepuasan nasabah menunjukkan nilai t hitung = 15.122 dan p value (Sig) sebesar 0,000 yang di bawah alpha 5%. Dari hasil analisis regresi sederhana, diketahui bahwa koefisien korelasi (R) didapat sebesar 0,837 yang berarti hubungan yang positif antara variabel kualitas mobile banking dan kepuasan nasabah termasuk dalam kategori cukup atau sedang dan variabel independen mampu menjelaskan variabel dependen sebesar 6.97%, sedang yang 30.3% sisanya dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model ini (tidak diteliti).
Dari hasil analisis regresi linier sederhana, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y = 5,815+ 0,352X. Artinya bahwa kualitas mobile banking berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian jika kualitas mobile banking semakin ditingkatkan, maka kepuasan nasabah akan semakin banyak atau besar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mobile Banking; Kepuasan Nasabah. |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 300 Social sciences > 330 Economics > 332 Financial economics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > 60202 - Ekonomi Islam |
Depositing User: | Muhammad Qomarudin |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 08:12 |
Last Modified: | 09 Dec 2013 08:12 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/745 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year