Penerapan strategi bermain jawaban bagi peningkatan prestasi belajar PAI materi dzikir dan doa di kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017

Kisworowati, Dewi (2017) Penerapan strategi bermain jawaban bagi peningkatan prestasi belajar PAI materi dzikir dan doa di kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf - Accepted Version

Download (616kB) | Preview
[thumbnail of BAB I.pdf]
Preview
Text
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (148kB) | Preview
[thumbnail of BAB II.pdf]
Preview
Text
BAB II.pdf - Accepted Version

Download (316kB) | Preview
[thumbnail of BAB III.pdf]
Preview
Text
BAB III.pdf - Accepted Version

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of BAB IV.pdf]
Preview
Text
BAB IV.pdf - Accepted Version

Download (466kB) | Preview
[thumbnail of BAB V.pdf]
Preview
Text
BAB V.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material

Download (803kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran PAI di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang sering menggunakan metode resitasi, cerita dan ceramah sehingga prestasi belajar yang di dapat oleh peserta kurang maksimal. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk memaksimalkan pembelajaran di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang adalah dengan menggunakan strategi bermain jawaban.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1) Bagaimana penerapan strategi bermain jawaban pada pembelajaran PAI materi Dzikir dan Doa di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017?, 2) Apakah penerapan strategi bermain jawaban dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi Dzikir dan Doa di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan strategi bermain jawaban pada pembelajaran PAI materi Dzikir dan Doa di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017 empat tahap yaitu melalui perencanaan dengan mempersiapkan RPP, tes, LOS dan lain-lain. 2) Penerapan strategi bermain jawaban dapat meningkatkan prestasi belajar PAI materi Dzikir dan Doa di Kelas IV SDIT Al Qolam Semarang semester genap tahun ajaran 2016/2017, hal ini dapat dilihat dari hasil pra siklus hanya ada 13 peserta didik atau 54%, Siklus I ada 16 peserta didik atau 67% dan pada siklus II sudah mencapai 20 peserta didik atau 83%, hasil jauh dari ketuntasan yang diinginkan. Kenaikan juga terjadi pada keaktifan belajar peserta didik yaitu pada siklus I ada 17 peserta didik atau 71% dan pada siklus II sudah mencapai 22 peserta didik atau 92%, hal ini sesuai indikator yang ditentukan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Additional Information: Pembimbing : Lutfiyah, MSI.
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran; Prestasi belajar; Pendidikan agama Islam
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nur Rohmah
Date Deposited: 27 Oct 2017 02:04
Last Modified: 27 Oct 2017 02:04
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7451

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics