Penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2015/2016
Sumiyati, Seksi (2016) Penerapan metode card sort untuk meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (583kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (100kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (468kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (350kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (357kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (85kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (262kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi proses pembelajaran yang dilakukan pada kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak pada pembelajaran aqidah akhlak belum mengarah pada penciptaan proses belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih banyak mengelola pola pikir anak dan penuh permainan, dan yang selama ini terjadi hanya dengan berceramah, tanya jawab, demonstrasi dan resitasi yang menjadikan siswa pasif karena mereka hanya mendengar dan melakukan perintah guru tanpa melakukan pembelajarannya sendiri. Untuk menjadikan siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya salah satu metodenya adalah menggunakan metode card sort yang menciptakan kondisi pembelajaran yang bersifat kerjasama, saling menolong dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas lewat permainan kartu.
Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan 1) Bagaimana penerapan metode card sort pada pembelajaran aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2015/2016?, 2) Apakah penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2015/2016?
Permasalahan tersebut dibahas melalui penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui 2 siklus dengan setiap siklus tahapannya adalah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: penerapan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak tahun ajaran 2015/2016, hal ini dapat dilihat dari tingkat ketuntasan belajar peserta didik per siklus yaitu pada siklus I dengan KKM 70 siswa yang tuntas ada 25 siswa atau 65%, dan pada siklus II ada 33 siswa atau 86%. Demikian juga dengan keaktifan siswa dalam mengikuti proses metode card sort pada pembelajaran aqidah akhlak materi akhlak tercela pada siswa kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak pada kategori baik dan baik sekali juga meningkat persiklus yaitu di siklus I ada 25 siswa atau 66% mengalami kenaikan pada siklus II yaitu ada 32 siswa atau 84%, ini menunjukkan apa yang dilakukan guru untuk meningkatkan hasil belajar juga keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode card sort di metode card sort di kelas I MI Al-Islamiyah Kebonbatur Mranggen Demak berhasil dan mencapai indikator yang di tentukan yaitu 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Akhlak tercela; Aqidah akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86232 - Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 28 Oct 2017 04:02 |
Last Modified: | 08 Dec 2021 10:28 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7470 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year