Meningkatkan hasil belajar Fiqih materi tata cara haji menggunakan metode simulasi bagi siswa kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016
Huda, Samsul (2016) Meningkatkan hasil belajar Fiqih materi tata cara haji menggunakan metode simulasi bagi siswa kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (611kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (253kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (418kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (303kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (650kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (107kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (83kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (888kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Rumusan permasalahan adalah bagaimanakah penerapan metode simulasi dalam pembelajaran Fiqih materi tata cara haji kelas V MI pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang tahun 2015/2016 dan apakah metode simulasi dapat meningkatkan hasil belajar materi tata cara haji siswa kelas V MI Pasekan kecamatan ambarawa kabupaten semarang Tahun 2015/2016.
Penelitian ini dilaksanakan di MI Pasekan dengan Objeknya siswa kelas V dengan jumlah 7 anak.
Penerapan Metode Simulasi dalam Pembelajaran Fiqih Materi Tata Cara Haji Kelas V MI Pasekan Kecamatan Ambarawa Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2015/2016 cukup baik dan dapat meningkatkan antusias belajar siswa.
Metode Simulasi dapat Meningkatkan Hasil Belajar dengan dibuktikan pada pencapaian tahap siklus I kategori Baik 0 %, Cukup 57,14 %, Kurang 0 % dan Sangat Kurang 42,86 % dan Pada tahap siklus dengan tingkat ketuntasan berjumlah 4 orang dengan prosentase 57,14 %. Sedangkan pada siklus II meningkat kategori Baik sekali 14,28 %, Baik 57,14 %, Cukup 28,56 % dan sangat kurang 0 %. Hal ini berarti pada tahap siklus I ketuntasan siswa 57,14 % dan kemudian pada tahap siklus 2 mengalami peningkatan lagi sebesar 42,86 % menjadi 100 %.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Dr. Ahwan Fanani, M. Ag. |
Uncontrolled Keywords: | Metode pembelajaran; Fiqih; Haji dan Umrah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:07 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 09:07 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7472 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year