Pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang
Ali, Yasir (2017) Pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
COVER.pdf - Accepted Version
Download (885kB) | Preview
BAB I.pdf - Accepted Version
Download (471kB) | Preview
BAB II.pdf - Accepted Version
Download (690kB) | Preview
BAB III.pdf - Accepted Version
Download (594kB) | Preview
BAB IV.pdf - Accepted Version
Download (732kB) | Preview
BAB V.pdf - Accepted Version
Download (266kB) | Preview
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Download (375kB) | Preview
LAMPIRAN.pdf - Supplemental Material
Download (1MB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang. Kajiannya dilatarbelakangi oleh adanya peran orang tua yang sangat penting dalam dalam membentuk perilaku anak, baik berupa bimbingan secara langsung ataupun memberi perhatian, karena orang tua merupakan guru yang pertama bagi anak sejak lahir dimuka bumi ini. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana perhatian orang tua siswa di SMAN 11 Semarang? (2) Bagaimana Perilaku siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang? (3) Adakah pengaruh perhatian orang tua terhadap Perilaku Sosial Siswa Kelas XI di SMAN 11 Semarang? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di SMAN 11 Semarang.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : Adakah Pengaruh perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, metode dokumentasi yang mana untuk memperoleh data- perhatian orang tua terhadap perilaku sosial siswa kelas XI di SMAN 11 Semarang, Populasi dalam penelitian ini adalah Seluruh Siswa Kelas XI SMAN 11 Semarang yang berjumlah 465 siswa. Kemudian Sampel yang diambil menggunakan non probability sampling dengan Purposive Sampling dari populasi sehingga berjumlah 116 siswa.
Dari hasil penyebaran angket perhatian Orang tua (X) sehingga dapat di ketahui rata-ratanya adalah 80,1, dan rata-rata perilaku sosial siswa (Y) adalah 81,4. Dari hasil analisis data pada penelitian dapat di ketahui bahwa Terdapat pengaruh positif dan signifikam antara variabel Perhatian Orang tua (X) terhadap Perilaku Sosial Siswa kelas XI di SMA N 11 Semarang (Y) sebesar 0,507 atau 25,7 %. Dibuktikan dengan persamaan regresi 52,150+ 0,365X, dan hasil varian regresi Fhitung = 39,358 lebih besar dari pada Ftabel baik pada taraf signifikansi 1% maupun pada taraf signifikansi 5% yakni Ftabel(0,01; 1; 114) = 6,90 dan Ftabel(0,05; 1; 114) = 3,94, sehingga hipotesis diterima. Dengan demikian semakin baik perhatian orang tua, maka semakin baik pula perilaku sosial siswa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini diketahui: pertama, perhatian orang tua sebesar 80,1 dalam kategori cukup. Kedua perilaku sosial siswa 81,4 dalam kategori cukup. Ketiga, diketahui bahwa perhatian orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku sosial siswa kelas XI SMAN 11 Semarang. Maka dari itu guru dan orang tua memberikan bimbingan belajar serta perhatian khusus terhadap siswa dalam mengurangi perilaku penyimpangan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Additional Information: | Pembimbing : Drs. H. Muslam, M. Ag., M. Pd.; Agus Sutiyono, M. Ag., M. Pd. |
Uncontrolled Keywords: | Perhatian orang tua; Perilaku sosial; Remaja |
Subjects: | 300 Social sciences > 302 Social interaction |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nur Rohmah |
Date Deposited: | 30 Oct 2017 09:11 |
Last Modified: | 30 Oct 2017 09:11 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7477 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year