Pendidikan Karakter di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal
Hafiudin, Irmawan (2012) Pendidikan Karakter di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu Kendal. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang.
083111153_Coverdll.pdf - Accepted Version
Download (926kB) | Preview
083111153_Bab1.pdf - Accepted Version
Download (54kB) | Preview
083111153_Bab2.pdf - Accepted Version
Download (194kB) | Preview
083111153_Bab3.pdf - Accepted Version
Download (31kB) | Preview
083111153_Bab4.pdf - Accepted Version
Download (106kB) | Preview
083111153_Bab5.pdf - Accepted Version
Download (13kB) | Preview
083111153_Bibliografi.pdf - Bibliography
Download (21kB) | Preview
Abstract
Skripsi ini membahas tentang pendidikan karakter yang terdapat di sebuah lembaga pendidikan. Kajiannya dilatar belakangi oleh konsep utama dari pendidikan karakter yang pada dasarnya merupakan penanaman nilai-nilai karakter baik kepada peserta didik. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Nilai-nilai karakter apa saja yang ada di MTs NU 05 Sunan Katong? (2) Bagaimana menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter di MTs NU 05 Sunan Katong? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret pendidikan karakter. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul lalu dianalisis dengan menggunakan analisis data dari tahapan pengumpulan data, penyajian data, dan vertifikasi data, data yang terkumpul semata-mata bersifat deskriptif.
Kajian ini menunjukkan bahwa: (1) Nilai-nilai Pendidikan karakter yang ditanamkan MTs NU 05 Sunan Katong Kaliwungu, yaitu: nilai Religius, nilai disiplin, dan nilai kreatif. Ketiga nilai karakter tersebut menjadi karakter unggulan yang ditanamkan dan dikembangkan MTs NU 05 Sunan Katong, selain ketiga nilai unggulan tersebut masih banyak lagi nilai-nilai yang ditanamkan, seperti nilai nasionalisme, nilai kepemimpinan dan tanggung jawab, nilai toleransi dan cinta damai. (2) Metode yang digunakan MTs NU 05 Sunan Katong dalam pendidikan karakter atau menanamkan nilai-nilai karakter baik menggunakan metode keteladanan, pembiasaan, dan integrasi. Metode tersebut bertujuan agar peserta didik mempunyai karakter berpikir dan bersikap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan karakter. sehingga insan kamil seperti yang dicita-citakan Islam terwujud.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter; Madrasah Tsanawiyah |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.5 Islamic ethics, practice > 297.56 Specific moral issues 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Arman Khairon |
Date Deposited: | 09 Dec 2013 06:57 |
Last Modified: | 26 Jun 2021 04:40 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/750 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year