Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Al-Irsyad Gajah Demak
Panuntun, Slamet (2015) Manajemen pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Al-Irsyad Gajah Demak. Masters thesis, UIN Walisongo.
125112051_awal.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (470kB) | Preview
125112051_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (289kB) | Preview
125112051_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (874kB) | Preview
125112051_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (385kB)
125112051_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (280kB)
125112051_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (18kB) | Preview
125112051_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (106kB) | Preview
Abstract
Pengelolaan biaya pendidikan bukan menjadi masalah yang mudah di tengah perubahan kurikulum yang terus berubah setiap masa yang membutuhkan kebutuhan sarana dan prasarana penunjangnya, demikian juga kebutuhan dari setiap guru dan staf MA Al-Irsyad Gajah Demak yang selalu berubah dengan kebijakan yang ada, sehingga MA Al-Irsyad Gajah Demak selalu melakukan penyesuaian dalam pembiayaan sekolah dengan sistem manajemen yang lebih maju dan mampu mengatasi masalah pembiayaan meskipun masih banyak kelemahan terutama dalam hal memaksimalkan dana yang ada dengan setiap kebutuhan yang diinginkan sehingga semua kebutuhan pembiayaan dapat dipenuhi dengan bersamaan, terlebih lagi masalah transparansi pengelolaan pembiayaan madrasah yang menjadi satu paket yang nantinya akan menjadikan setiap stake holder yang ada di madrasah dapat bekerja dengan baik dan tanpa ada rasa curiga.
Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan anggaran madrasah untuk peningkatan mutu di MA Al-Irsyad Gajah Demak? 2) Bagaimana pelaksanaan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Al-Irsyad Gajah Demak? 3) Bagaimana sistem evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu di MA Al-Irsyad Gajah Demak?
Penelitian ini adalah lapangan yang berbentuk kualitatif (natural setting) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi, setelah data terkumpul kemudian di analisis dengan tahapan reduksi, display dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan anggaran madrasah untuk peningkatan mutu di MA Al-Irsyad Gajah Demak dilakukan dengan setiap guru mengajukan proposal sesuai kebutuhannya kemudian diserahkan kepada setiap waka, waka kemudian memberikan kepada kepala madrasah dan diteruskan kepada yayasan untuk disepakati dalam RAPBM tahunan. 2) Pelaksanaan pembiayaan madrasah untuk meningkatkan mutu pendidikan di MA Al-Irsyad Gajah Demak dilakukan dengan membagi setiap sektor pendidikan sesuai kesepakatan rapat RAPBM secara efisien, efektif dan tepat guna demi peningkatan mutu pendidikan yang ada di MA Al-Irsyad Gajah Demak khususnya dalam meningkatkan mutu guru, siswa dan sarana dan prasarana pendidikan. 3) Evaluasi pembiayaan pendidikan dalam meningkatkan mutu di MA Al-Irsyad Gajah Demak dilakukan dengan dua cara, jika dana berasal dari pemerintah maka evaluasi langsung dilakukan pemerintah melalui laporan pertanggung jawaban pihak sekolah ke kementerian terkait, jika dana berasal dari bantuan masyarakat, orang tua, siswa maka evaluasi langsung dilakukan oleh kepala madrasah dan yayasan dengan menggunakan E-Bugeting.
Saran: Pihak madrasah perlu melakukan anggaran pembiayaan seefektif dan se efisien mungkin bagi peningkatan mutu madrasah yang mengacu pada kebutuhan delapan standar nasional pendidikan Melakukan skala prioritas pada sektor yang sangat membutuhkan, dan Butuh adanya keterbuakaan dalam pengelolaan pembiayaan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen pembiayaan; Manajemen sekolah |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.2 Administrasi sekolah, administrasi pendidikan |
Divisions: | Program Pascasarjana > Program Master (S2) |
Depositing User: | Miswan Miswan |
Date Deposited: | 23 Nov 2017 04:55 |
Last Modified: | 23 Nov 2017 04:55 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7506 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year