Penerapan community based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon Kendal

Masudah, Masudah (2015) Penerapan community based learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon Kendal. Masters thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 135112034_awal.pdf]
Preview
Text
135112034_awal.pdf - Cover Image
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (467kB) | Preview
[thumbnail of 135112034_bab1.pdf]
Preview
Text
135112034_bab1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 135112034_bab2.pdf]
Preview
Text
135112034_bab2.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 135112034_bab3.pdf] Text
135112034_bab3.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (177kB)
[thumbnail of 135112034_bab4.pdf] Text
135112034_bab4.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (517kB)
[thumbnail of 135112034_bab5.pdf]
Preview
Text
135112034_bab5.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 135112034_bibliografi.pdf]
Preview
Text
135112034_bibliografi.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (117kB) | Preview

Abstract

Permasalahan utama pada penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran berbasis masyarakat (Community Based Learning) rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon Kabupaten Kendal ?; 2) Bagaimanakah dampak penerapan pembelajaran berbasis masyarakat (Community Based Learning) rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon Kabupaten Kendal ?; dan 3) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pembelajaran berbasis masyarakat (Community Based Learning) rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon Kabupaten Kendal ?.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Validitas data dilakukan dengan triangulasi data dan pair chek assessment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masyarakat dalam rumpun mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs NU 07 Patebon telah dilaksanakan sesuai perencanaan yang telah disusun bersama antara guru dan tokoh masyarakat. Hal ini terlihat dengan adanya keterlibatan tokoh masyarakat secara langsung menyampaikan materi pembelajaran sesuai kompetensi dasar yang harus dikuasi siswa. Penerapan pembelajaran berbasis masyarakat telah dilaksanakan pada mata pelajaran Fiqh dan al-Quran Hadits dengan mengundang tokoh masyarakat yang kompeten di bidangnya. Materi yang diajarkan yaitu perawatan jenazah, shalat jamak, membaca al-Quran, tahlil, hafalan juz `Amma, seni kaligrafi, dan seni baca al-Quran. Penyusunan perencanaan pembelajaran dan penilaian dibuat oleh guru dan tokoh masyarakat. Penyampaian materi pelajaran melibatkan guru dan tokoh masyarakat. Proses evaluasi dilakukan guru dan tokoh masyarakat. Adapun penilaian dilakukan oleh guru dengan pertimbangan dari tokoh masyarakat. Dampak penerapan pembelajaran berbasis masyarakat adalah meningkatnya kompetensi peserta didik terhadap materi pelajaran Fiqh dan al-Quran Hadits yang sesua dengan kebutuhan dan tradisi masyarakat yang melingkupinya. Dampak lainnya adalah meningkatkan kerja sama madrasah dengan masyarakat di bidang pendidikan dan penerimaan siswa baru. Adapun kendala yang muncul hanya pada masalah penganggaran dana yang akan diantisipasi dengan dukungan alokasi dana melalui APBS.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Community based learning; Metode pembelajaran; Pendidikan Agama Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Program Pascasarjana > Program Master (S2)
Depositing User: Miswan Miswan
Date Deposited: 28 Nov 2017 02:04
Last Modified: 28 Nov 2017 02:06
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7521

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics