Perbandingan marketing syariah ritel tradisonal dan ritel modern dalam persepsi konsumen di Kecamatan Ngaliyan
Sulaeman, Maman (2018) Perbandingan marketing syariah ritel tradisonal dan ritel modern dalam persepsi konsumen di Kecamatan Ngaliyan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Skripsi_122411125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Wilayah sekitar Kecamatan Ngaliyan Semarang semakin berkembang dengan adanya berbagai macam fasilitas dan kepemerintahan, hal ini menarik investor ritel untuk menjajal usahanya. Berbagai hal dilakukan pelaku ritel untuk bisa memikat konsumen, yaitu dengan memperhatikan faktor-faktor yang mempengarui minat konsumen, salah satunya adalah agama yang dianut, yang mayoritas di wilayah Ngaliyan beragama Islam, Penekanan-penekanan pelaku ritel pada marketing mix (product, price, promotion, place) yang dilandasi dengan karakteristik yang berbasis Islam dapat mempengharui persepsi yang baik oleh konsumen yang beragama Islam maupun non Islam.
Tujuan penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi Konsumen dalam menaggapai ritel tradisional dan ritel modern di lingkungannya dalam konsep marketing mix berbasis ekonomi Islam, apakah terdapat perbedaan dan sejauh mana perbedaan tersebut.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskiptif (gambaran keadaan yang sebenarnya lapangan), populasi pada penelitian ini adalah konsumen ritel dengan pengambilan sampel berjumlah 80 orang. Sedangkan teknik analisis data berupa Kuantitatif dengan alat analisis Independent Sample T Test guna mengetahui ada atau tidaknya perbedaan rata-rata dua kelompok sampel yang tidak berhubungan.
Berdasarkan hasil data kuesioner yang telah diolah menggunakan SPSS menunjukan bahwa: (1) ada perbedaan persepsi konsumen terhadap variabel product antara Ritel Tradisional dengan Ritel Modern dengan kriteria group 1 (ritel tradisional) lebih rendah daripada group 2 (ritel modern) dengan perbedaan rata-ratanya sebesar 2,100; (2) ada perbedaan persepsi konsumen terhadap variabel price antara Ritel Tradisional dengan Ritel Modern dengan kriteria group 1 (ritel tradisional) lebih tinggi daripada group 2 (ritel modern) dengan perbedaan rata-ratanya sebesar -3,925; (3) ada perbedaan persepsi konsumen terhadap variabel promotion antara Ritel Tradisional dengan Ritel Modern dengan kriteria group 1 (ritel tradisional) lebih tinggi daripada group 2 (ritel modern) dengan perbedaan rata-ratanya sebesar 2,850; (4) ada perbedaan persepsi konsumen terhadap place antara Ritel Tradisional dengan Ritel Modern dengan kriteria group 1 (ritel tradisional) lebih rendah daripada group 2 (ritel modern) dengan Pada atribut place perbedaan rata-ratanya sebesar 11,425.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing syariah; Ritel tradisional; Ritel modern; Konsumen |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.2 Islam Doctrinal Theology, Aqaid and Kalam > 297.27 Islam and social sciences > 297.273 Islam and economics 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > 60202 - Ekonomi Syariah (Ekonomi Islam) (S1) |
Depositing User: | Perpustakaan Walisongo |
Date Deposited: | 18 May 2018 03:35 |
Last Modified: | 23 Jul 2021 06:42 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7545 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year