Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012

Munadhifah, Munadhifah (2012) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

[thumbnail of 083111168_Coverdll.pdf]
Preview
Text
083111168_Coverdll.pdf - Cover Image

Download (723kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bab1.pdf]
Preview
Text
083111168_Bab1.pdf - Accepted Version

Download (29kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bab2.pdf]
Preview
Text
083111168_Bab2.pdf - Accepted Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bab3.pdf]
Preview
Text
083111168_Bab3.pdf - Accepted Version

Download (42kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bab4.pdf]
Preview
Text
083111168_Bab4.pdf - Accepted Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bab5.pdf]
Preview
Text
083111168_Bab5.pdf - Accepted Version

Download (13kB) | Preview
[thumbnail of 083111168_Bibliografi.pdf]
Preview
Text
083111168_Bibliografi.pdf - Bibliography

Download (16kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Kajiannya dilatarbelakangi oleh sulitnya melaksanakan Evaluasi Ranah Afektif secara komprehensif. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Bagaimana Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas X MAN 2 Semarang tahun ajaran 2011/2012? Permasalahan tersebut dibahas melalui studi lapangan yang dilaksanakan di MAN 2 Semarang. Sekolah tersebut dijadikan sumber data untuk mendapatkan informasi mengenai Pelaksanaan Evaluasi Afektif pada mata Pelajaran Aqidah Akhlak. Datanya diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Semua data dianalisis dengan analisis kualitatif deskriptif menggunakan logika induksi.
Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak melalui empat tahap yaitu: (1) Perencanaan Evaluasi pembelajaran ranah Afektif pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MAN 2 Semarang melalui tiga tahap yaitu menginformasikan silabus mata pelajaran yang di dalamnya memuat rancangan dan kriteria penilaian pada awal semester, mengembangkan Indikator pencapaian Kompetensi Dasar dan memilih teknik penilaian yang sesuai, dan mengembangkan instrumen dan pedoman penilaian. (2) Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Semarang Tahun Ajaran 2011/2012 dilaksanakan di dalam dan diluar kelas dengan menggunakan metode observasi sebagai teknik penilaiannya. Aspek yang di nilai adalah sikap, minat, motivasi, konsep diri dan nilai yang ditampilkan peserta didik.Format lain yang digunakan meliputi empat aspek, yaitu Kedisiplinan, Kebersihan, Tanggung Jawab dan sopan santun (3) Analisis evaluasi pembelajaran ranah Afektif dilakukan diakhir semester setelah semua data mengenai evaluasi Afektif terkumpul. Guru menilai secara universal seluruh aspek Afektif yang nampak pada peserta didik satu kali selama satu semester dengan mengisikannya pada lembar observasi. (4) Pelaporan Evaluasi Pembelajaran Ranah Afektif pada mata pelajaran Aqidah akhlak di MAN 2 Semarang dilakukan oleh guru mata pelajaran Aqidah akhlak yang kemudian diserahkan kepada wali kelas masing-masing. Nilai tersebut diolah kembali oleh wali kelas sebagai nilai Afektif akhir dalam rapor. Dari wali kelas kemudian diserahkan kepada Waka Kurikulum dan Kepala Sekolah untuk disetujui. Pada tahap akhir nilai yang sudah jadi dalam rapor diserahkan kepada wali murid.
Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumbangan dan bahan informasi bagi khazanah ilmu pengetahuan serta masukan bagi civitas akademika dan semua pihak yang membutuhkan dilungkungan Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Ranah Afektif; Aqidah Akhlak
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Arman Khairon
Date Deposited: 09 Dec 2013 07:32
Last Modified: 09 Dec 2013 07:32
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/755

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics