Strategi pemasaran produk di KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif manajemen dakwah
Hidayah, Khoirul (2017) Strategi pemasaran produk di KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif manajemen dakwah. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
131311075.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Alasan penulis meneliti Strategi Pemasaran Produk di KSPPS BMT El Amanah, karena penulis tertarik dengan metode pemasaran KSPPS BMT El Amanah Kota Kendal karena banyaknya lembaga keuangan mikro lainnnya yang mengharuskan BMT El Amanah bersaing secara kompeten dan menjadikan posisi BMT El Amanah sebagai salah satu lembaga keuangan syariah harus mampu bersaing secara kompetitif memiliki karakter tersendiri dalam bersaing. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana strategi pemasaran produk di KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif manajemen dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran produk di KSPPS BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah anggota perspektif manajemen dakwah.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif guna memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai strategi pemasaran yang digunakan BMT El Amanah serta menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan pola pikir induktif. Data penelitian bersumber dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi atau pengamatan langsung dilokasi perusahaan melalui wawancara dan arsip atau dokumen perusahaan. Data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan, dan literatur-literatur mengenai strategi pemasaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang digunakan BMT El Amanah Kendal dalam meningkatkan jumlah anggotanya adalah: dengan (1) Meningkatkan kualitas pelayanan kepada anggota. (2) Penambahan inventaris kantor. (3) Meningkatkan kualitas SDM. (4) Meningkatkan kegiatan promosi kepada masyarakat. (5) Meningkatkan kualitas keagamaan melalui kajian syariat Islam. (6) Open manajemen (selalu terbuka kepada setiap anggota). (7). Adanya proses tawar menawar (negosiasi) margin. (8). Memberikan bonus untuk pembiayaan yang lancar kepada setiap anggota. (9). Mengundang anggota ketika RAT. (10). Memberikan pelayanan (Amanah Fast Service) kepada para Anggota yang sudah loyal. (11). Memberikan konsep “dari kita, untuk kita, dan oleh kita. Dan lebih kekeluargaan antara anggota dan pihak BMT. Dan (12). Tidak membeda-bedakan anggota.
Terkait dengan pengertian manajemen dakwah yaitu sebagai proses perencanaan tugas, mengelompokkan tugas, menghimpun dan menempatkan tenaga-tenaga pelaksana dalam kelompok-kelompok tugas dan kemudian menggerakkan kearah tujuan dakwah. Inilah yang merupakan inti dari manajemen dakwah, yaitu sebuah pengaturan secara sistematik dan koordinatif dalam kegiatan atau aktifitas dakwah yang dimulai dari sebelum pelaksanaan sampai akhir dari kegiatan dakwah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pemasaran; Manajemen Dakwah; Bank Muamalah wa Tamwil (BMT) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.74 Dakwah 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 658 General management > 658.8 Marketing management (pemasaran, distribusi) |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > 70230 - Manajemen Dakwah (MD) |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 29 Mar 2018 01:55 |
Last Modified: | 22 May 2021 01:34 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7556 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year