Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di MTs Nur Anom Gringsing Batang tahun ajaran 2016/2017

Rosida, Ely (2016) Hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII di MTs Nur Anom Gringsing Batang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 123111066.pdf]
Preview
Text
123111066.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pendidikan agama Islam dalam keluarga pada siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang, (2) Bagaimana perilaku keagamaan siswa kelas VIII di MTs Nur Anom Gringsing Batang, (3) Adakah hubungan antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku keagamaan kelas VIII di MTs Nur Anom Gringsing Batang.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasi yang dilaksanakan di MTs Nur Anom Gringsing Batang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data pendidikan agama Islam dalam keluarga dan perilaku keagamaan siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh data sekolah, nama dan jumlah siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis product moment.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pendidikan agama Islam dalam keluarga siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang Tahun Ajaran 2016/2017 terletak pada interval 76-85 dengan skor rata-rata 81,95 termasuk dalam kategori “baik”. (2) Perilaku keagamaan siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang Tahun Ajaran 2016/2017 terletak pada interval 77-83 dengan skor rata-rata 83,91 termasuk dalam kategori “cukup”. (3) Terdapat hubungan positif antara pendidikan agama Islam dalam keluarga dengan perilaku keagamaan siswa kelas VIII MTs Nur Anom Gringsing Batang Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini dibuktikan dengan rhitung = 0,561. Hasil ini kemudian dikonsultasikan dengan rtabel baik pada taraf signifikansi 5%

maupun 1% dengan N = 62, jika rhitung > rtabel maka signifikan. Dari pengujian hipotesis diperoleh rhitung = 0,561 > rtabel (0,05) = 0,254 dan rhitung = 0,561 > rtabel (0,01) = 0,330 sehingga hipotesis penelitian ini diterima.

Dari hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, orang tua, tenaga pendidik, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam; Keluarga; Perilaku keagamaan
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 16 Apr 2018 05:33
Last Modified: 16 Apr 2018 05:33
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7571

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics