Problem penerapan program sekolah lima hari dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 3 Semarang
Nuraini, Laely (2016) Problem penerapan program sekolah lima hari dan implikasinya terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK N 3 Semarang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
123111091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya problem terkait penerapan program sekolah lima hari. Pada permulaan tahun ajaran 2015/2016 Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghimbau penerapan program sekolah lima hari per minggu untuk jenjang pendidikan menengah (SMA/SMK), dan pendidikan khusus (SLB) pada satuan pendidikan di wilayah Provinsi Jawa Tengah. Penerapan program baru ini bertujuan untuk memerbaiki kualitas interaksi dan komunikasi peserta didik di lingkungan keluarga serta upaya peningkatan kapasitas manajemen pada satuan pendidikan yang bersangkutan. Gebrakan baru ini tentu menuai respon masyarakat yang berbeda-beda.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK N 3 Semarang (2) mengetahui problem yang muncul dalam penerapan Program Sekolah Lima Hari di SMK N 3 Semarang (3) mencari solusi dari problem yang muncul dalam penerapan Program Sekolah Lima Hari di SMK N 3 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Sesuai dengan tujuan penelitian ini yang ingin mendeskripsikan masalah-masalah dalam penerapan PS5H dan implikasinya terhadap pembelajaran PAI maka sifat penelitiannya adalah deskriptif, yakni peneliti berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, dan kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis merangkum data yang diperoleh di lapangan, kemudian menyajikan data dalam bentuk teks maupun tabel, selanjutnya menariknya menjadi sebuah kesimpulan.
Dalam pembelajaran PAI di SMK N 3 Semarang kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2013 dengan durasi tiga kali jam pelajaran per minggu dan nama pelajaran disesuaikan menjadi
Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Proses pembelajaran dilakukan dalam tiga tahapan, yakni kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Metode pembelajaran di kelas disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik. Penilaian yang digunakan dalam pembelajaran adalah segala macam segi penilaian, mulai dari penilaian kognitif, psikomotor, dan afektif.
Penelitian ini mengidentifikasi sejumlah problem yang muncul pada penerapan PS5H di SMK N 3 Semarang. Pertama, yakni problem kelelahan pada peserta didik karena pembelajaran berlangsung hingga sore hari. Solusi untuk problem ini dengan memanfaatkan akses internet, dengan meniadakan PR, dan penggunaan metode pembelajaran karya wisata religi. Kedua, problem kesiapan sekolah dalam pengaturan kegiatan ekstrakurikuler PAI. Solusi agar peserta didik tidak terlalu malam pulang ke rumah setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler BTA dengan menyarankan untuk segera pulang ke rumah menggunakan transportasi yang mudah di dapat. Ketiga, problem kesiapan orang tua peserta didik SMK dalam bimbingan karakter keislaman. Solusi untuk problem ini hendaknya orang tua tetap menyiapkan pola asuh yang baik, mengajarkan pendidikan agama sejak kecil, memiliki sikap terbuka sehingga mewujudkan perkembangan mental dan kejiwaan yang sehat pada peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Lima Hari; Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 13 Apr 2018 08:05 |
Last Modified: | 13 Apr 2018 08:05 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7573 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year