Pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang
Khoerunnisa, Khoerunnisa (2017) Pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (7MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pengetahuan tentang keberagamaan di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? (2) Bagaimana hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang? (3) Adakah pengaruh pengetahuan tentang keberagamaan terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang?
Jenis penelitian ini adalah penelitian Survey. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dan dokumentasi untuk memperoleh data variabel X yaitu pengetahuan tentang keberagamaan dan variabel Y yaitu hasil belajar PAI siswa kelas V. Data penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik kuantitatif dengan analisis regresi linier sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan keberagamaan siswa di SDN 02 Pesucen masuk dalam kategori baik. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 68,97. (2) Hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen masuk dalam kategori sedang. Hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata 58,58. (3) Ada pengaruh sebesar 29,4% sehingga dapat dinyatakan terdapat pengaruh positif antara pengetahuan tentang keberagamaan dengan hasil belajar PAI siswa kelas V di SDN 02 Pesucen. Hal ini juga dapat dibuktikan dengan persamaan regresi Ῠ = 34,332 + 0,355X. dan hasil garis regresi Freg = 15,434. Bila dibandingkan dengan Ftabel pada taraf signifikan 5% = 4,11, maka Freg adalah lebih besar. Sehingga dapat dinyatakan bahwa pengetahuan tentang keberagamaan berpengaruh terhadap hasil belajar PAI siswa kelas V. Dengan demikian hasilnya dinyatakan signifikan dan hipotesis yang diajukan (Ha) diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengetahuan keberagamaan; Hasil belajar; Pendidikan agama Islam (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 13 Apr 2018 08:18 |
Last Modified: | 13 Apr 2018 08:18 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7582 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year