Pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim di lembaga pendidikan non muslim : studi kasus di SMK Kristen Penabur Purworejo

Ainunhayati, Rizqi (2017) Pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim di lembaga pendidikan non muslim : studi kasus di SMK Kristen Penabur Purworejo. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.

[thumbnail of 133111014.pdf]
Preview
Text
133111014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Kristen Penabur Purworejo. Kajiannya dilatarbelakangi oleh peserta didik muslim yang belajar di SMK Kristen Penabur Purworejo, serta di SMK tersebut diterapkan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi peserta didik muslim. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam proses pelaksanaan pembelajaran PAI bagi peserta didik muslim. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Kristen Penabur Purworejo? 2) Bagaimanakah problematika pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Kristen Penabur Purworejo? 3) Bagaimanakah solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim di SMK Kristen Penabur Purworejo?

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim, problematika dan solusi untuk mengatasi problematika pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI kelas X, XI dan XII, peserta didik muslim kelas X dan kepala sekolah SMK Kristen Penabur Purworejo. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik muslim telah berlangsung dengan baik akan tetapi belum maksimal, karena keterbatasan penggunaan metode dan media dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam. Problematika yang dihadapi yaitu sarana dan prasarana yang belum memadai, manajemen kelas yang belum maksimal; serta terbatasnya waktu pembelajaran PAI. Solusi yang ditawarkan oleh peneliti yaitu melengkapi sarana dan prasarana, guru menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan mengadakan jam tambahan di luar jam pelajaran PAI.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran agama Islam; Pendidikan Agama Islam; Peserta didik muslim; Sekolah non Islam
Subjects: 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mohamad Akyas
Date Deposited: 13 Apr 2018 08:19
Last Modified: 13 Apr 2018 08:19
URI: https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7583

Actions (login required)

View Item
View Item

Downloads

Downloads per month over past year

View more statistics