Kedisiplinan shalat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Selamat Kendal
Basori, Muhamad (2017) Kedisiplinan shalat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Selamat Kendal. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (3MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan tentang kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Selamat Kendal. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Selamat Kendal; (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa di Sekolah Menengah Atas Pondok Modern Selamat Kendal.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) melalui pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi untuk memeroleh data tentang pelaksanaan kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa. Dalam penelitian yang terkumpul kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data sebelum dan selama di lapangan. Adapun teknik analisis data selama di lapangan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kedisiplinan salat berjamaah mempunyai andil yang besar dalam pembinaan akhlak siswa. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan salat berjamaah semua civitas akademik wajib mengikut kegiatan salat berjamaah. Tidak hanya itu saja perencanaan yang tersusun secara terstruktur, mulai dari guru, asrama, serta karyawan yang lain ikut membantu mensukseskan kegiatan salat berjamaah dengan tepat waktu. Sementara itu banyak dari siswa yang berpartisipasi dalam kegiatan salat berjamaah. Kedisiplinan salat berjamaah ini dalam pelaksanaannya akan membentuk akhlak mahmudah seperti ikhlas, tawadhu’, sabr, taat, sopan santun, saling menghargai dan menghormati (toleransi), disiplin waktu, saling mempererat silaturahmi, peduli dan kontrol diri pada siswa.
Faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa adalah kinerja guru, pihak asrama dan karyawan yang berpengalaman dan bertanggungjawab dalam segi perencanaan, penggerakan, pengarahan, pelaksanaan dan pengevaluasian program kedisiplinan salat beramaah dalam pembinaan akhlak siswa. Kemudian, peningkatan keefektifan sarana dan prasarana dalam melaksanakan salat. Sedangkan beberapa faktor penghambat yang menjadi kendala kedisiplinan salat berjamaah dalam pembinaan akhlak siswa. Pertama, ketika guru lengah sedikit saja siswa lupa dalam melaksanakan kedisiplinan. Kedua, jika ada gutu yang sakit dan tidak berangkat itu akan kurang dalam membangunkan siswa. Ketiga, jeda membangunkan pagi cukup panjang dengan iqomah jadi banyak anak yang berangkat awal hingga ketiduran di masjid. Keempat, padatnya aktivitas di sekolah dan di asrama terkadang siswa merasa capek, jalan menuju masjid juga terlalu jauh.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kedisiplinan Shalat Berjamaah; Pembinaan Akhlak |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.3 Islamic Worship / Ibadah > 297.38 Rites, prayer 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 13 Apr 2018 08:20 |
Last Modified: | 13 Apr 2018 08:20 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7584 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year