Pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMAN 14 Semarang tahun ajaran 2016/2017
Nuha, Muhammad Ulin (2017) Pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMAN 14 Semarang tahun ajaran 2016/2017. Undergraduate (S1) thesis, UIN Walisongo.
133111108.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.
Download (2MB) | Preview
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa tinggi dan seringya siswa menonton televisi dapat mengurangi kedisiplinan belajar, salah satunya belajar PAI. Bahwa seringnya anak menonton televisi akan mempengaruhi kedisiplinan belajar di rumah maupun di sekolahan. Kedisiplinan belajar salah satunya mengerjakan tugas (PR). Berdasarkan pemikiran diatas jelaslah bahwa intensitas menonton televisi mempunyai pengaruh dengan kedisiplinan belajar di rumah maupun di sekolah. Kedisiplinan adalah merupakan suatu kondisi yang tercipta dan terbentuk melalui proses dari serangkaian perilaku yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan, kepatuhan, kesetiaan, keteraturan dan ketertiban.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 14 Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Adakah pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa ke;as XI SMAN 14 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner, metode observasi yang mana untuk memperoleh data-data intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XII SMAN 14 Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 14 Semarang yang berjumlah 322 siswa. Kemudian sampel yang diambil menggunakan rumus Lameshow dari populasi sehingga berjumlah 74 siswa.
Dari hasil penyebaran angket intensitas menonton televisi (X), sehingga dapat di ketahui rata-ratanya adalah 69,57. Dan rata-ratanya kedisiplinan belajar PAI siswa (Y) adalah 62,8. Dilihat dari hasil analisis data pada penelitian ini diketahui bahwa intensitas menonton televisi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMAN 14 Semarang. Hasil perhitungan uji F, diketahui nilai Fhitung untuk variabel kedisiplinan belajar PAI adalah lebih besar dibandingkan dengan Ftabel (10,990>3,97), artinya bahwa variabel intensitas menonton televisi dapat berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel kedisiplinan belajar PAI.Dengan demikian, ada pengaruh negatif yang signifikan antara intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI siswa kelas XI SMAN 14 Semarang.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini diketahui: pertama, intensitas menonton televisi sebesar 69,57 dalam kategori cukup. Kedua, kedisiplinan belajar PAI sebesar 62,8 dalam kategori cukup. Ketiga, diketahui bahwa intensitas menonton televisi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kedisiplinan belajar PAI di SMAN 14 Semarang. Keempat besar sumbangan pengaruh intensitas menonton televisi terhadap kedisiplinan belajar PAI adalah 13,2%, dan sisanya sebesar 86,8% dipengaruhi faktor-faktor lain Maka dari itu guru dan orang tua memberikan bimbingan belajar serta perhatian khusus terhadap siswa dalam mengurangi intensitas menonton televisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Menonton televisi; Kedisiplinan belajar; Pendidikan Agama (PAI) |
Subjects: | 200 Religion (Class here Comparative religion) > 290 Other religions > 297 Islam and religions originating in it > 297.7 Propagation of Islam > 297.77 Islamic religious education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > 86208 - Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mohamad Akyas |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 03:02 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 03:02 |
URI: | https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/7610 |
Actions (login required)
Downloads
Downloads per month over past year